Jumat, 23 Mei 2014

Resensi Buku "Dakwah Online" karya Fadil Ibnu Ahmad


Judul Buku      : Dakwah Online
 
Pengarang       : Fadil Ibnu Ahmad

Tebal Buku      : 246 Halaman

Harga Buku     : Rp. 59.000,-

Penerbit           : Mizania, PT. Mizan Pustaka

Tahun Terbit    : April 2014


            Era teknologi informasi dan komunikasi telah datang. Setiap orang berlomba-lomba untuk menciptakan inovasi dan kreasi di bidangnya masing-masing. Salah satu teknologi yang dirasa paling berpengaruh saat ini yaitu jejaring sosial dan website. Dengan jejaring sosial, semua orang dapat terhubung dengan orang lain walaupun terpisah jarak dan waktu yang begitu jauh. Begitupun halnya dengan website. Salah satu manfaat lain yang juga dirasakan oleh para aktivis yaitu dalam hal berdakwah.

            Dakwah, secara istilah berarti menyampaikan. Dakwah adalah mengajak kepada kebaikan dan mencegah dari kemunkaran. Dakwah, kini tidak harus secara langsung melalu lisan di atas mimbar lagi, tapi bisa menggunakan tulisan melalui media jejaring sosial dan website. Hal inilah yang diulas oleh Windi Nugraha Fadillah atau yang lebih dikenal dengan Fadil Ibnu Ahmad, blogger umatmuhammad.com dan penulis buku Dakwah Online.

            Dalam bukunya, Fadil mengulas urgensi berdakwah melalui dunia maya, tata cara pengelolaan dan optimalisasi media khususnya website, beberapa ujian dan penyakit dalam berdakwah, serta beberapa cara untuk mengoptimalisasi diri sebagai pengemban dakwah masa kini. Dengan bahasa yang mudah diterima dan terkesan tidak menggurui, Fadil mengajak kepada kita, khususnya kaum intelektual dalam hal ini mahasiswa, untuk bersama-sama menggencarkan dakwah melalui dunia maya. Karena selain mudah dan murah, berdakwah melalui dunia maya ini mempunyai berbagai manfaat bagi penulis maupun pembacanya. Sebut saja multi level pahala, salah satu manfaat yang bisa kita raup dalam berdakwah melalui dunia maya ini.

            Bagi para mahasiswa, blogger, dan khususnya para aktivis dakwah, saya rekomendasikan untuk memiliki buku ini sebagai salah satu referensi di rumah maupun di kosannya. Karena selain harganya yang cukup murah dan terjangkau, buku ini juga ditulis oleh seorang aktivis mahasiswa yang sedang menempuh jenjang S-1 di Universitas Pendidikan Indonesia. Insya Allah buku ini dapat memotivasi kita untuk semangat berdakwah, khususnya melalui dunia maya, juga memacu kita untuk berkarya melalui goresan tinta di jalan dakwah.

Bumi Siliwangi, Mei 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar