Sabtu, 12 Mei 2012

Lagu Anak-Anak (Lagi)

Assalamualaikum wr.wb :-)

Jika kita perhatikan, sebenarnya anak-anak itu sangat kreatif. Mereka sangat menerapkan prinsip tak ada rotan, akarpun jadi. Ketika tak ada kertas, tembok pun dapat dijadikan media untuk menulis sesuatu. Saat tak ada bola sepak, bahkan bola kasti pun bisa dijadikan untuk bermain sepak bola. Termasuk dalam membuat lagu.

Saking kreatifnya anak-anak sekarang (atau mungkin sejak anak-anak pada zaman dahulu?), mereka bisa membuat bermacam jenis lagu berdasarkan kata-kata yang mereka ketahui. Dari yang artinya memang baik, sampai yang tidak baik. Jika hal ini tidak ditindaklanjuti oleh guru, mungkin hal ini bisa berdampak baik dari segi sifat, perkataan, perbuatan sampai ke kepribadian sang anak.

Salah satu contoh lagu yang diciptakan oleh anak kecil gue alami sendiri saat gue duduk di kelas 5 SD. Entah siapa yang ngebuat sih, begitu sadar lagu ini selalu melekat di otak gue. Kalian tau lagunya caffein yang judulnya "Hidupku kan damaikan hatimu" kan? Nah.. lagu ini di adopsi dari lagu tersebut..


Pertama, gue jelasin dulu lirik aslinya:


Caffeine - Hidupku Kan Damaikan Hatimu

Berjalan di tepi pantai
Tertiup angin berhembus
Sejukkan hati damaikan diri
Melihat biru


Bersama t’lah dilewati
Bersama t’lah dijalani
Aku di sini kan bersamamu
T’lah ikat janji


Reff:
Hidupku kan damaikan hatimu
Dirikukan s’lalu menjagamu
Izinkan ku s’lalu bersamamu
Kasihku padamu


T’lah kuberikan semuanya
T’lah kurasakan bersama
Sampai terhenti nafasku ini
Hanyalah untukmu

Nah.. setelah tau lirik aslinya, inilah lirik yang telah diubah anak kecil dengan bahasa mereka sendiri:

Berjalan di tengah jalan
Ketumbur mobil ambulans
Tangan diperban, kaki diperban
Gak bisa jalan


Reff:
Hidupku berakhir di kuburan
Setiap malam aku gentayangan
Pak Haji datang bawa Al-Qur'an
Aku kepanasan

Kreatif sekali kan anak-anak yang bisa dibilang temen-temen gue ini? :D
(So... bangga gitu loe punya temen kayak gitu??)

Ya gak juga ciii... hehehe #peace ^^V

Okeh kita lanjut ya?

Nah untuk mengatasi hal tersebut, ada baiknya para guru menerapkan sistem berikut, yaitu: Membuat lagu sendiri dengan lirik-lirik yang mudah dihapal dan mudah dikenalkan kepada para muridnya.

Emang guru bisa ngebuat lagu untuk muridnya?
Oo.. ya tentu aja bisa dong.. kata siapa gak bisa??
Nah berikut ini salah satu (atau mungkin salah dua) lagu yang pernah diajarin oleh guru gue semasa gue kelas 6 SD :)

Lagu pertama ini terinspirasi dari iklan antimo (berhubung waktu itu anak-anak sering minum obat ini, jadi obat ini cocok banget #apa hubungannya ya?).

So, lyric asal lagu ini adalah sebagai berikut:


Antimo

Antimo obat antimabuk.
Mabuk darat, laut dan udara.
Minumlah sebelum bepergian.
Antimo menyenangkan perjalanan Anda…

Dan dengan sedikit kreatifitas dari guru gue.. maka lagu inipun berubah menjadi :

Marilah sholat lima waktu
Isya, Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib
Sholatlah sebelum disholatkan
Raihlah ridho Allah penyelamat Anda...

Cukup mengajarkan nilai-nilai agama kepada anak-anak kita kand? :D #padahal punya anak juga belom.. hehe :p

Lalu ada juga lagu balonku.. Semua pasti sudah hapal dengan lagu ini kand?
Bagi yang belum tahu tenang aja, berikut lirik dari lagu balonku :)

Balonku

Balonku ada lima
Rupa-rupa warnanya
Hijau kuning kelabu
Merah muda dan biru
Meletus balon hijau, dor!
Hatiku sangat kacau

Balonku tinggal empat
kupegang erat-erat

Dan lagu ini sedikit direvisi menjadi nama-nama para Nabi dalam agama Islam. Bagaimanakah liriknya? Cekidot! :D

Adam Idris Nuh dan Hud
Sholeh Ibrahim dan Luth
Ismail Ishak Ya'kub
Yusuf Ayyub dan Syu'aib
Musa Harun Zulkifli, Daud!
Sulaeman Ilyas Ilyasa

Yunus Zakaria Yahya
Isa terakhir Muhammad

Sampai sekarang lagu ini masih dihapal dan tetap menyatu di dalam ingatan gue, terima kasih Pak Is :-)

Jadi, pada kesimpulannya kreatifitas guru dapat mempermudah ataupun mempersulit anak-anak dalam berkreasi, belajar, dan berimajinasi. Dengan guru mengajarkan metode belajar melalui lagu, gue rasa anak-anak lebih cepat menyerap dan akan ingat sampai kapanpun. Apalagi jika lagu itu adalah lagu yang terkenal :-)

Akhir kata, dari semua celoteh bau gue di atas, sebenernya itu gue cuma pengen menyampaikan..
Mari budayakan Musik dalam Pelajaran!! :D

Terima kasih, wassalamualaikum wr.wb :-)

2 komentar:

  1. hai... salam kenal...
    blog anda sungguh luar biasa...
    salut pada anda yang peduli pada dunia anak2...
    saya juga punya sebuah blog yang banyak membahas tentang dunia anak, terutama soal lagu anak..

    Mari berturkar link, bila berkenan...

    Salam kenal

    Zepe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai kang, salam kenal juga dari saya ;-)

      yah berhubung saya juga calon pengajar, jadi wajarlah jika saya peduli dengan anak-anak karena merekalah tempat saya mengabdi nantinya..

      untuk bertukar link tentu saja sangat boleh kang, jika berkenan nanti saya juga akan mengunjungi blog akang.. :-)

      Hapus