Minggu, 27 Mei 2012

Beberapa Pelajaran Penting Untuk Segenap Umat #2

Pelajaran 7 : Rukun-Rukun Shalat
Rukun-rukun sholat ada empat belas, yaitu:
1. Berdiri jika mampu
2. Takbiratul Ihram
3. Membaca surat Al-Fatihah
4. Ruku'
5. I'tidal setelah ruku'
6. Sujud di atas tujuh anggota tubuh (yaitu: dua telapak tangan, dua lutut, dua telapak kaki dengan menempelkan ujung jari-jari, dahi dan hidung. Pent)
7. Bangkit dari sujud
8. Duduk diantara dua sujud
9. Thuma'ninah (tenang) pada seluruh gerakan
10. Tertib (runtut) dalam melaksanakan rukun-rukun
11. Tasyahud Akhir
12. Duduk pada tasyahud akhir
13. Bershalawat kepada Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam
14. Dua kali salam

Pelajaran 8 : Kewajiban-Kewajiban Shalat
Kewajiban-kewajiban sholat ada delapan :
1. Semua ucapan takbir selain takbiratul ihram
2. Ucapan سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ  (Allah Maha Mendengar orang yang memuji-Nya) bagi imam dan munfarid (orang yang shalat sendiri) 
3. Ucapan رَبَّنَا وَلَكَ الْحَمْدُ (Ya Rabb kami, hanya untuk Mu segala puji) 
4. Ucapan سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيْم (Maha suci Allah Yang Maha Agung) dikala ruku' 
5. Ucapan سُبْحَانَ رَبِّيَ الأَعْلَيْ (Maha Suci Allah Yang Maha Tinggi) dikala sujud 
6. Ucapan رَبِّ اغْفِرْلِيْ (Ya Allah, ampunilah aku), dikala duduk antara dua sujud 
7. Tasyahud Awal 
8. Duduk pada Tasyahud Awal.

Pelajaran 9 : Penjelasan Tentang Tasyahud
Bacaan tasyahud adalah sebagai berikut:

التَّحِيَّاتُ لِلَّهِ وَالصَّلَوَاتُ وَالطَّيِّبَاتُ السَّلَامُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ السَّلَامُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ. أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ

"Segala penghormatan hanya milik Allah, demikian juga seluruh keselamatan dan kebaikan. Semoga keselamatan untukmu wahai Nabi, demikian juga rahmat Allah dan berkah-Nya. Semoga keselamatan untuk kami dan untuk para hamba-hamba Allah yang shaleh. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan (yang berhak disembah) selain Allah, dan aku bersaksi bahwa sesungguhnya Muhammad adalah hamba Allah dan Rasul-Nya ".

Kemudian setelah itu membaca shalawat untuk Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam, sebagai berikut:

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ اللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

"Ya Allah berikanlah keselamatan kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana Engkau telah berikan keselamatan kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia. Dan berkahilah Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana Engkau telah berkahi Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia ".

Kemudian pada Tasyahud Akhir (ia membaca bacaan Tasyahud Awal diatas, kemudian menambahkannya) dengan membaca doa, memohon perlindungan kepada Allah dari siksa Jahannam, dari siksa kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, serta dari fitnah Al-Masih Ad-Dajjal.

Setelah itu ia memilih do'a yang dikehendaki, terutama do'a yang ma'tsur (yaitu doa yang diriwayatkan dari Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam), diantaranya adalah:

اللَّهُمَّ أَعِنِّيْ عَلَيْ ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ. اللَّهُمَّ إِنِّيْ ظَلَمْتُ نَفْسِيْ ظُلْمًا كَثِيْرًا وَلاَيَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ فَاغْفِرْلِيْ مَغْفِرْةً مِنْ عِنْدِكَ وَارْ حَمْنِيْ إِنَّكَ أَنْتَ الْغَفُورُ الرَّحِيْمُ

"Ya Allah, tolonglah aku untuk mengingat-Mu dan bersyukur kepada-Mu serta untuk membaguskan ibadah kepada-Mu. Ya Allah, sesungguhnya aku telah menganiaya diriku dengan penganiayaan yang banyak (banyak berbuat dosa dan maksiat), sedang tak ada yang mengampuni dosa-dosa melainkan Engkau, maka ampunilah aku dengan maghfirah (ampunan) dariMu dan rahmatilah aku, sesungguhnya hanya Engkaulah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

Adapun pada Tasyahud Awal, setelah selesai membaca dua kalimat syahadat, ia berdiri ke raka'at ketiga pada shalat Zhuhur, Ashar, Maghrib dan Isya. Apabila ia membaca shalawat kepada Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam, maka hal itu lebih baik, atas dasar keumuman hadits-hadits yang menerangkan tentang itu, baru kemudian ia berdiri ke raka'at ketiga.
Pelajaran 10 : Sunnah-Sunnah Shalat
Sunnah-sunnah shalat antara lain :
1. Istiftah (yaitu membaca bacaan iftitah setelah takbiratul ihram, sebelum membaca Al-Fatihah).
2. Meletakkan telapak tangan kanan diatas tangan kiri, diatas dada, pada waktu berdiri sebelum ruku' dan setelahnya.
3. Mengangkat kedua tangan dengan merapatkan jari-jari, tangan terbuka, sejajar dengan kedua bahu atau kedua telinga, ketika takbir pertama, juga pada saat ruku', bangkit dari ruku', dan ketika berdiri dari tasyahud awal ke raka'at ketiga.
4. Membaca tasbih lebih dari satu kali pada waktu ruku' dan sujud.
5. Membaca doa setelah ربنا ولك الحمد ketika bangkit dari ruku'. Dan membaca doa memohon ampunan lebih dari satu kali pada saat duduk diantara dua sujud.
6. Memposisikan kepala agar lurus sejajar dengan punggung pada saat ruku'.
7. Ketika ruku' memposisikan kedua lengan agar berjauhan dari kedua pinggang, perut berjauhan dari kedua paha dan kedua paha berjauhan dari kedua betis.
8. Mengangkat kedua hasta dari tanah (tempat sujud) ketika sujud.
9. Duduk diatas kaki kiri yang dibaringkan, menegakkan (telapak) kaki kanan pada tasyahud awal dan ketika duduk diantara dua sujud.
10. Duduk tawarruk pada tasyahud akhir dalam sholat empat raka'at dan tiga raka'at. Yaitu duduk diatas pinggul dan meletakkan kaki kiri dibawah kaki kanan serta menegakkan (telapak) kaki kanan.
11. Memberi isyarat (menunjuk) dengan jari telunjuk pada tasyahud awal dan akhir, mulai ketika duduk sapai akhir tasyahud sambil menggerakkannya ketika berdoa.
12. Membaca shalawat dan tabrik (mohon berkah) untuk Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad, juga untuk Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim pada saat tasyahud awal.
13. Membaca doa pada tasyahud akhir.
14. Membaca dengan jahr (nyaring) pada saat shalat subuh, shalat jum'at, sholat dua 'id ('idul fitri dan 'idul adha), shalat istisqa' (minta hujan) dan pada raka'at pertama dan kedua dari shalat maghrib dan isya'.
15. Membaca dengan sirr (tidak nyaring) pada saat shalat dzuhur, shalat ashar, pada raka'at ketiga shalat maghrib. dan dua raka'at terakhir dalam shalat isya'.
16. Membaca ayat-ayat Al-Qur'an setelah membaca surat Al-Fatihah. Juga hendaknya memperhatikan sunnah-sunnah yang diriwayatkan dari Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam selain yang telah kami sebutkan di atas. Diantaranya : Membaca bacaan lanjutan setelah ربنا ولك الحمد pada saat bangkit dari ruku', yaitu bagi imam, makmum dan orang yang shalat sendirian. Bacaan terseut adalah sunnah. Termasuk sunnah shalat juga adalah meletakkan kedua (telapak) tangan pada kedua lutut dengan merenggangkan jari-jari tangan pada saat ruku'.

Pelajaran 11 : Hal-Hal Yang Membatalkan Shalat
Hal-hal yang membatalkan shalat ada delapan, yaitu:
1. Berbicara denga sengaja, sedangkan ia ingat (sadar) dan mengetahui hukumnya. Adapun orang yang lupa dan tidak mengetahui ukumnya, maka shalatnya tidak batal.
2. Tertawa
3. Makan
4. Minum
5. Terbukanya aurat
6. Menyimpang jauh dari arah kiblat
7. Banyak (bergerak) yang tidak perlu dan berturut-turut
8. Batalnya wudhu

Pelajaran 12 : Syarat-Syarat Wudhu
Syarat-syarat wudhu ada sepuluh :
1. Islam
2. Akal
3. Tamyiz (mampu membedakan antara baik dan buruk)
4. Niat
5. Meneruskan niat, yaitu dengan tidak berniat untuk menghentikannya sampai selesai wudhunya
6. Hal-hal yang mewajibkan untuk berwudhu telah hilang
7. Istinja' (yaitu bersuci dengan air), atau istijmar (yaitu bersuci dengan batu) sebelum berwudhu
8. Air yang dipakai berwudhu adalah air yang suci dan mubah
9. Menghilangkan apa yang menghalangi sampainya air ke kulit
10. Tiba waktu shalat bagi orang yang hadatsnya terus menerus

Pelajaran 13 : Hal-Hal yang Wajib Dalam Wudhu
Hal-hal yang wajib dalam wudhu ada enam "
1. Membasuh muka termasuk berkumur-kumur dan menghirup air dengan hidung
2. Mengusap seluruh kepala termasuk kedua telinga
3. Mengusap seluruh kepala termasuk kedua telinga
4. Membasuh kedua kaki sampai mata kaki
5. Tertib
6. Muwalah (berkesinambungan)

Disunnahkan untuk mengulangi sampai tiga kali ketika membasuh muka, kedua tangan dan kedua kaki, begitu juga ketika berkumur-kumur dan menghirup air dengan hidung. Dan yang wajib adalah satu kali. Adapun mengusap kepala, tidak disunnahkan untuk mengulanginya, sebagaimana yang telah dijelaskan dalam hadits-hadits yang shahih. 

Pelajaran 14 : Hal-Hal Yang Membatalkan Wudhu
Hal-hal yang membatalkan wudhu ada enam :
1. Sesuatu yang keluar dari dua jalan (kemaluan dan dubur)
2. Sesuatu najis yang keluar dari tubuh
3. Hilangnya akal dengan tidur atau lainnya
4. Menyentuh kemaluan atau dubur dengan tangan tanpa pembatas
5. Makan daging onta
6. Keluar dari agama Islam. Semoga Allah melindungi kita dan kaum muslimin dari hal itu. 

Catatan Penting:
Adapun memandikan jenazah, hukum yang benar adalah bahwa itu tidak membatalkan wudhu. Ini adalah pendapat mayoritas ulama'. Karena tidak adanya dalil yang menyatakan hal itu. Kecuali jika tangan orang yang memandikan jenazah sampai menyentuh kemaluan si mayit tanpa pembatas, maka dia wajib berwudhu.

Dan yang wajib bagi orang yang memandikan jenazah adalah tidak menyentuh kemaluan si mayit kecuali dengan memakai pembatas. Demikian pula halnya menyentuh wanita, ia sama sekali tidak membatalkan wudhu, baik sentuhan tersebut dengan syahwat ataupun tidak, selama tidak ada sesuatu yang keluar (dari kemaluannya). Hal ini menurut pendapat yang paling benar dari dua pendapat para ulama, karena Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam pernah mencium sebagian istri-istrinya, kemudian beliau shalat tanpa berwudhu lagi.

<< To The Part 1                                                                                          To The Part 3 >>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar