Senin, 21 Mei 2012

In Memoriam #1

Mungkin semua cerita ini berawal dari saat gue pertama kali lulus SMP. Ketika itu gue bingung sangat (atau sangat bingung ya?) untuk menentukan pilihan SMA. Kemanakah harus gue melanjutkan sekolah?

Apakah:
a) tidak tahu?
b) pasti tidak tahu?
c) tentu saja tidak tahu?

Dan gue memilih a) tidak tahu.

Sampai akhirnya teman gue yang bernama Bayu menawarkan sesuatu kepada gue.
"Udah gi, ikut gua aja yok, kita semua rencananya mau daftar 2,1,10." Begitu katanya.

Lalu sambil mempertimbangkannya.. akhirnya gue memutuskan untuk berfikir sejenak.
Kebanyakan teman SMP gue memilih pilihan pertama adalah SMA 2, oke lah, gue ikut mereka aja.. Itung" klopun masuk bisa ketemu mereka lagi kand?

Seenggaknya gue udah cukup akrab dengan mereka..

Dan tibalah gue selanjutnya di SMA Negeri 2 Bandarlampung, dimana itu adalah suatu tempat yang termasuk kecil, sempit, tapi lumayan adem dan suasananya juga enakeun. Dan dengan simpelnya gue langsung berpikir..

"Jadi ini ya tempat gue bakal sekolah selanjutnya? hmmm lumayan juga"  <-- Pede banget ya???

inilah dia SMA 2 Bandarlampung

Seperti layaknya daftar sekolah yang biasa, ada pendaftaran, tes tulis, dan terakhir pengumuman. Maka gue jalanin terlebih dahulu tahap pertama yaitu pendaftaran. Pada waktu itu kalo gak salah gue ngedaftar pas hari Senin, dan kutu buset banyak banget yang daftar! Gue gak tau berapa banyak, tapi yang pasti sejauh mata memandang itu barisan manusia udah kayak semut ngantri ngambil sembako... Tunggu, emang semut ada bagi" sembako juga ya? #whatever

So, waktu itu gue ditemenin sama Bayu dan kami sama" mengisi formulir pendaftaran disana. Dan sampailah gue ke titik galau pertama yaitu: masalah pilihan. Pilihan pertama jelas yaitu tempat gue mendaftar sekarang yaitu SMA 2, tapi selanjutnya... kemana?

Gue inget salah satu temen gue si Uya, katanya gini.. "Udah gi daftar aja 9,1,5 kayak gw. Gw optimis kok bisa masuk 9, yah.. kalo gak masuk juga palingan ke 1.. tapi gue ragu kalo gue sampe masuk 5.. gak banget dhe.. pokoknya tetep 9!".

Dan akhirnya setelah berbagai pertimbangan gue memutuskan untuk memilih pilihan ke dua gue yaitu SMA 9, seperti layaknya yang dipilih oleh si Uya.

Kemudian lanjut ke pilihan ke 3 yaitu pilihan terakhir, harus milih apakah diriku ini? Pilihan yang ketika itu gue pikirin ada 4.. yaitu:
1) SMA 1
2) SMA 10
3) SMA 5
4) Kosongin aja.

Dan karena gue gak mau nyia-nyiain kesempatan, maka pilihan 4 yang pertama gue coret. Pertimbangan selanjutnya adalah tentang PG (Passing Grade). Menurut orang SMA 1 dan SMA 9 itu sebanding, maka sebaiknya gue coret juga pilihan itu karena gue cukup milih salah satu saja. Yang selanjutnya PG-nya agak di bawah SMA 1 yaitu SMA 10, itu merupakan pilihan yang dipilih oleh Bayu juga.

"Udah gi, ikut daftar 10 aja kayak gw" begitu katanya. Tapi entah kenapa gue gak ada feeling untuk kesitu, akhirnya gue putusin untuk memilih SMA 5 aja sebagai pilihan terakhir gue, yah itung" itu kand deket rumah, dan mungkin aja gue bakal jadi study oriented nantinya disana.. hehe :p

Maka dengan ini resmilah 3 pilihan yang menentukan hidup gue yaitu:
1) SMA 2
2) SMA 9
3) SMA 5

Tepuk Tangan *prok prok prok*
#Sujud Syukur

Setelah pendaftaran selesai, akhirnya kita masuk ke tahapan selanjutnya yaitu tahap ujian tertulis *jeng jeng jeng jeng*

Dengan modal seadanya (atau mungkin modal nekad kali ya?), akhirnya pada hari-H gue berangkat menuju tempat tesnya yaitu di SMA 2..

Hati gue dag dig dug belalang kuncup, beneran grogi, deg-degan dugan di sana, dan gak tahu harus ngomong apa.. Waktu itu gue test di sebuah kelas (kayaknya kelas eksekutif gitu dhe?) yang ber-AC, dan sumpah dingin banget bikin gak konsen dan ngantuk di tengah jalan ngerjain soal itu.. -,-"

Setengah waktu sudah berjalan.. Gue melihat kiri kanan gue, ada yang sibuk memainkan hapenya (mungkin lagi ngitung pake kalkulator #husnuzon), ada yang sibuk garuk" kaos kakinya (Tapi diintip dikit kenapa ada kertas nongol dari sono ya?), dan gak sedikit juga yang fokus ke soalnya masing-masing #yang tentunya bukan gue..

Bisa dibilang gue waktu itu udah mulai mentok! Bingung mau ngerjain apa lagi.. Akhirnya gue cocokin jawaban ke temen gue, kebetulan waktu itu ada sekitar 3 orang temen gue disana, Une, Sofwan, sama Elsa (kalo gak salah -> berarti bener?). Karena yang paling deket adalah Elsa, So.. gue langsung nanya kepada beliau..

Gue liat ke arah pengawas dulu.. Ternyata dia lagi baca koran.. "aman!" pikir gue dalem hati.

"Psst.. Sa! nomor 37 apa ya?"

Elsa menengok, sedikit kaget dengan panggilan gue lalu menjawab,
"He,,? 37 ya... bentar,bentar... jawaban gue sih A!"

"A ya?? Sep... Kalo 53 gmn?"

"53 itu... B!"

"Okeoke"


...Beberapa saat kemudian dia yang gantian bertanya, "25 jawaban lu apa gi?"

"25 itu...C kalo gue"

"Sepp..!"


Dan percakapan itu berlangsung beberapa saat hingga jawaban kita masing" telah lengkap. Thanks Elsa!  :D

Kurang lebih beginilah kejadiannya.. >,<

Yah gue tau memang gue sedikit nakal waktu itu.. Tapi ya mau diapain lagi? Toh nasi sudah menjadi dubur... Eh! Bubur dink!  Hehehe #Peace ^^V

Setelah ujian berlangsung terdengar koar-koar teman" gue yang lain..
"Beuuh, susah banget ya soal tadi?"
"Ehh nomor 32 itu gmn sih ngerjainnya?? Jawaban kalian apaa??"
Sampe ke "Buset bro.. Tadi pengawasnya galak banget,, gak bisa buka hape gua!"

Yah komentar semacam itu mungkin sudah tidak aneh ya sehabis ujian..
Dan gue pun tidak ambil pusing, segera tancep gas dan berangkat ke warnet terdekat.. #Refreshing dong bro! :D

Selang beberapa lama kemudian tibalah waktunya pengumuman hasil Ujian kemarin!
Hati gue kembali dag dig dug belalang kuncup.. Pukul 4 pagi gue tiba-tiba terbangun oleh teriakan mas-mas tukang koran...

"Koran.. Koran... Pengumuman Test Penerimaan SMA"

Gue langsung loncat dan teriak.. "KORAAAAAAAANNNNNN......!!!"

Setelah memberikan selembar uang 5ribuan, gue pun mulai membuka-buka halaman pengumuman penerimaan siswa baru tingkat Sekolah Menengah Atas tersebut.

Tentunya ini bukan gue ya! Gue mah lebih ganteng dari situ.. whehe :p


Pertama gue lihat ke SMA 2.. *clingak clinguk*.. ternyata nama gue GAK ADA !! T_T
Sabar.. Sabar... Gue coba tarik nafas, dan menengok ke SMA 5.. Gue perhatiin dari bawah ke atas kali ini.. Dan hasilnya... MASIH GAK ADA !! T_T kuadrat

Tenang,, tenang.. gue coba kendaliin diri gue dan melihat ke pilihan kedua gue,, satu-satunya kesempatan gue kalo misalnya gue tadi gak salah liat.. Gue coba tengok lagi ke SMA 2..
*cek.. cek.. cek..* hasilnya? Tetep gak ada

Ibu gue pun terbangun dan mencoba menyarankan sesuatu kepada gue..
"Gimana gi? Ketemu gak?? Coba cek sma 9.. mudah-mudahan ada.."

Oke dhe, berbekal doa dari orang tua gue pun mulai mencoba ngecek ke SMA 9..
Urutan 1 sampe 50.. gak ada
Urutan 51-100 .. masih gak ada
Sekarang 101 ke atas... ada!!

Gue hampir gak percaya dengan apa yang gue liat..
Nama gue ada di urutan ke 125 di SMA Negeri 9 Bandarlampung !!
Alhamdulilah..
gue pun bersyukur kepada Yang Maha Kuasa.. Ternyata gue masih diberikan kesempatan untuk lulus ke SMA..

Setelah hati gue tenang dan senang,, gue pun mulai bangkit untuk wudhu, sholat, dan berdoa terima kasih kepada Allah SWT atas nikmat yang telah diberikan hari ini.. Tapi semuanya tidak berhenti sampai disini..

Karena cerita ini... Baru saja dimulai...

To Be Continued...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar