Kamis, 10 Mei 2012

Mari Belajar Jadi Detektif !! :-)

Jum'at, 11 Mei 2012, John ditemukan terbunuh di kosannya, Jl. Geger Arum. Tim forensik memperkirakan waktu kematian antara jam 11.10 - 11.30 malam.

Polisi menyatakan ada 4 orang tersangka yaitu Farhan, Dini, Alfi dan Mpit.

Ketika diinterogasi mereka masing-masing memberikan 4 alibi.

Farhan : Saya tidak membunuhnya. Mpit yang melakukannya. Mpit pacarnya John. Dini dan Saya sedang menonton TV bersama dari jam 10.10 sampai 12.30 malam.

Dini : Saya tidak bersalah. Farhan dan saya sedang menonton TV bersama pada saat pembunuhan. Mpit pacarnya John. Saya melihat Mpit berbicara dengan John jam 9.30 malam sebelum pembunuhan.

Alfi : Saya tidak bersalah. Mpit memang pacarnya John, tapi Farhan pembunuhnya. Saya melihat Mpit meninggalkan rumah jam 10.00 malam.

Mpit : Saya tidak membunuh John. Saya juga bukan pacar John. Saya berada di Subang selama malam pembunuhan. Dini lah pembunuhnya.

Tim interogasi menyatakan alat lie detector mereka tidak bisa bekerja sempurna. Mereka hanya bisa memastikan bahwa masing-masing tersangka mengucapkan 2 kalimat bohong dan 2 kalimat jujur. Lalu siapakah pembunuh John?

A. Farhan
B. Dini
C. Alfi
D. Mpit
E. Bukan dari mereka


* Note : cerita ini hanyalah fiktif belaka, kesamaan nama tokoh bukanlah unsur kesengajaan. Mohon jangan marah yaa. Jawab tuh, yang bisa !! :D

24 komentar:

  1. pelakunya adalah Alfi, saya tidak mempunyai alibi,
    perkataan bohong Alfi adalah mengatakan mpit pacarnya john, dan mengatakan farhan pembunuhnya,
    kenapa alfi pembunuhnya karena untuk farhan dan dini alibi mereka kuat karena saling menguatkan, dan alibi mpit adalah dari sayakarena pada jam 10.00 mpit pergi artinya dia benar-benar tidak berada di TKP saat malam pembunuhan, jadi yang tidak punya alibi sama sekali adalah Alfi....
    sedih jga saya pembunuh'a...

    BalasHapus
  2. ehm gini fi, kalo kamu nuduh bahwa pembunuhnya adalah kamu sendiri, berarti otomatis kalimat pernyataan kamu yang pertama yaitu "saya tidak bersalah" juga salah, dengan begitu kebohongan kamu jadi 3.. sedangkan maksimal bohong itu cuma 2, dan jujurnya juga 2..

    jawabannya belum tepat nih fi.. coba di analisis lagi yaa dan tentukan kembali dimana kalimat bohong dan dimana kalimat jujurnya ;-)

    BalasHapus
  3. Farhan
    jujur: -sy tidak membunuh -mpit pelaku
    bohong: -mpit pacar john -dini & sy nonton tv

    Dini
    jujur: -sy tidak salah -mpit&john ngobrol jam 09.30
    bohong: -sy & farhan nonton tv -mpit pacar john

    Alfi
    jujur: -sy tidak salah -mpit meninggalkan rumah jam 10
    bohong: -mpit pacar john -farhan pelaku

    Mpit
    jujur: -sy bukan pacar john -sy di subang
    bohong: -sy tidak salah -dini pembunuhnya

    Menurut analisis sy, mpit pembunuhnya. Karena ketika ketiga tersangka lain diposisikan sbg pelaku, pernyataannya byk yg kontradiksi. Yg paling memungkinkan itu, Mpit.

    Hanya saja menurut sy ada beberapa hal yg rancu atau mungkin memang sengaja dibuat rancu.
    1. Mpit meninggalkan rumah jam 10: itu bisa saja dy meninggalkan rumahnya u/ membunuh john, tp bisa jg mpit memang pergi ke subang
    2. Mpit di subang selama malam pembunuhan: maksudnya bisa setelah membunuh, sebelum membunuh, atau sejak hari itu memasuki jam malam, hingga esoknya, mpit berada di subang.

    saya misalkan pembunuhnya Mpit, kalo bener yaa kebetulan tuh :D
    *ala pak Nar :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha saya kenal dengan mpit kok din, dan mpit tidak akan setega itu kepada john.. toh mpit pacar john kand? :D

      buat masalah semalaman na, itu maksudnya dari abis maghrib mpe ketemu pagi lagi.. jadi bukan dari jam 10 ke atas disebut semalaman.. kurang kuat untuk jadi bukti, walaupun analisisnya udah bagus sebenernya :-)

      sekarang coba pake asumsi bahwa cuma salah satu yang benar. kalau mpit ada di subang, berarti mpit tidak ada di gerlong. sebaliknya, kalo mpit tidak ada di subang, berarti mpit sedang ada di gerlong dan pernyataan dari dini dan alfi bisa benar dan bisa juga salah.. :-)

      Hapus
    2. salah.. empit bilang bukan semalaman.. tapi selama malam pembunuhan.. berarti jam 9.30 dia masih di tempat jony, benar yang dikatakan, dan yang dikatakan alfi, bahwa mpit pergi jam 10.00, berarti menurut saya pelaku adalah dini, dikarenakan dini melihat pembicaraan mereka ber dua.. berarti saat itu dini tidak sedang nnton dengan farhan kan.. berarti motifnya saat setelah dini membunuh jony dia langsung menuju farhan untuk mengajak nya nonton.. agar dia mempunyai alibi saat di introgasi..

      Hapus
  4. Mereka hanya bisa memastikan bahwa masing-masing tersangka mengucapkan 2 kalimat bohong dan 2 kalimat jujur. Lalu siapakah pembunuh John?
    di sini loe smua pada bingung ane kasih jawaban nya :
    1.loe kurang teliti gan ama mpit
    Saya tidak membunuh John
    Saya juga bukan pacar John , orang jelas2 yg lain bilang dya pacar nya john

    2. sekarang waktu2 trakhir dya ama john
    Mpit berbicara dengan John jam 9.30 malam sebelum pembunuhan. ( pasti itu untuk mengucapkan kata perpisahan karena ingin keluar kota ) Saya melihat Mpit meninggalkan rumah jam 10.00 malam. berarti mpit aman gan sekarang ke nomor 3

    3.sekarang kata mpit
    dini lah pelaku nya

    4.dan ya mpit berhasil meramalkan kematian pacarnya ada di tangan dini ( mengapa ??? kok bisa ??? dia kan lagi nonton ??? nah sekarang eksekusi nya WATCH THIS !!! )

    1.PAS DITUDUH DINI DIA BERKATA :
    Saya melihat Mpit berbicara dengan John jam 9.30 malam sebelum pembunuhan. BERARTI KAMU LIAT DONK KLO MPIT BICARA AMA JONY BERARTI DITEMPAT ITU BUKAN CUMA ADA MPIT DAN JONY TAPI ADA KMUU JGA DIN !!!

    2.MULAI NYA FARHAN DAN DINI NONTON
    Dini dan Saya sedang menonton TV bersama dari jam 10.10 sampai 12.30 malam. NAH GAN MEMANG GARA2 MEREKA NONTON BARENG MEREKA JADI SULIT DI PASTIKAN KALAU MEREKA PEMBUNUH NYA TAPI LAIN DENGAN GUE , MEREKA KAN MULAI NOBAR NYA JAM 10.10 BERARTI MEMANG BETUL DINI SEMPET LIAT MPIT DAN JONY KALO SOAL NOBAR TERGANTUNG ACARANYA LANGSUNG ATAU KAGAK TAPI GUE SIH PELAKU NYA DINI SOALNYA KAN ACARANYA LAMA MUNGKIN DINI BISA IZIN KE FARHAN KLO PENGEN KLUAR BENTAR ( SIAPA TAHU BUKAN KELUAR BENTAR TAPI PENGEN BUNUH JONI )

    BalasHapus
  5. buat masalah semalaman na, itu maksudnya dari abis maghrib mpe ketemu pagi lagi.. jadi bukan dari jam 10 ke atas disebut semalaman..

    BalasHapus
  6. Menurut saya pembunuhnya bukan dari mereka, alasannya:

    Farhan: Jujur: saya tidak membunuhnya
    Mpit pacarnya Jhon
    Boong: Mpit yg melakukannya
    Dini dan saya sedang menonton TV bersama dari jam 10.10 sampai 12.30 malam.

    Dini: Jujur: Mpit pacarnya Jhon
    Saya tidak bersalah

    Boong: saya melihat Mpit berbicara dengan Jhon jam 9.30 malam sebelum pembunuhan.
    farhan dan saya sedang menonton TV bersama pada malam pembunuhan.

    Alfi: Jujur: Saya tidak bersalah
    Mpit memang pacarnya Jhon
    Boong: Tapi farhan pembunuhnya
    Saya melihat Mpit meninggalkan rumah jam 10.00 malam

    Mpit: Jujur: Saya tidak membunuh Jhon
    saya berada di subang selama malam pembunuhan.
    Boong: Saya juga bukan pacarnya Jhon
    Dini lah pembunuhnya

    BalasHapus
  7. setiap dari mereka mengatakan 4 kalimat. 2 diantaranya benar dan 2 lainnya adalah pernyataan salah, seperti yang dikatakan soal.

    ada satu kalimat dari Alfi yang bertolak belakang dengan kalimat dari Dini.

    Alfi bilang kalau dia melihat Mpit meninggalkan rumahnya jam 10 malam.
    padahal jelas-jelas Dini berkata kalau dia melihat Mpit berbicara dengan John jam 09.30.
    dengan ini, menurut ku perkataan dari Alfi itu salah.
    yang benar adalah Mpit berbicara dengan John jam 9.30.
    berarti disini Alfi sudah mengatakan satu kebohongan, sedangkan Dini mengatakan satu kebenaran.

    Farhan, Dini, dan Alfi sudah mengatakan hal yang sama, bahwa Mpit adalah pacarnya John. berarti disini Mpit sudah mengatakan satu kebohongan, sedangkan Farhan dan Alfi mengatakan satu kebenaran, dan Dini sudah mengatakan DUA KEBENARAN.

    jika yang dikatakan soal (setiap dari mereka mengatakan 2 kebenaran dan 2 kesalahan) benar, berarti sisa dari dua kalimat yang dikatakan Dini yang lainnya adalah BOHONG!

    Dini: Saya tidak bersalah. Farhan dan saya sedang menonton TV bersama pada saat pembunuhan. Mpit pacarnya John. Saya melihat Mpit berbicara dengan John jam 9.30 malam sebelum pembunuhan.

    berarti, kebenarannya adalah,
    pertama, Mpit memang berbicara dengan John jam 9.30 sebelum pembunuhan itu.
    kedua, Mpit memang pacarnya John.
    ketiga, Farhan dan Dini tidak sedang menonton TV malam itu.
    terakhir, Dini adalah pembunuh John.

    itu menurut pendapat ku sih.. heheee :D

    BalasHapus
  8. pelakuny adalah dini alasanya
    dia blangk dia tidak bersalah itu dia bhongk kedua dia blangk dia menonton tv bersama farhan pada saat pembunuhanya ,sedangkan farhan blangk menonton tv dari 10.10-12.30 dia bhongk lage ,setelah itu dia blangk mpit pcarnya jhon itu dia jujur ,setelah itu lage dia blangk melihat mpit berbicara dengan john 2 jam 20 menit sebelum pembunuhan terjadi terakhir dini tidak menonton bersama farhan krna dia membunuh jhon ,farhan bilangk kalau dia menonton tv bersama dini tengah mlam itu tidak benar krna farhan itu pcarnya dini,ya sebagai pcar farhan pun membela nya,tidak munkin kalau dia menonton tenagh mlam berdua klo bukan pcaran,,,

    BalasHapus
  9. gw balik nanya nih ma lu hermanto,
    1. darimana lu tau Dini itu bohong pada pernyataan pertama??
    2. darimana lu tau Dini ga nonton??

    Farhan:
    Dini dan Saya sedang menonton TV bersama dari jam 10.10 sampai 12.30 malam.

    Dini:
    Farhan dan saya sedang menonton TV bersama pada saat pembunuhan.
    Saya melihat Mpit berbicara dengan John jam 9.30 malam sebelum pembunuhan.

    Alfi:
    Saya melihat Mpit meninggalkan rumah jam 10.00 malam.

    bisa aja Dini lagi di luar sebelum pukul 10.10, karena ia melihat Mpit pukul 9.30
    9.30 - 10.10 itu waktu yang cukup lama bro. 40 menit.

    BalasHapus
  10. menurut saya pelakunya Alfi alasan 1. angka terbesar dikurang angka terkecil 11.10 - 11.30 dan 10.10-12.30 11.10-10.10=1. dan 12.30-11.30=1 angka yg banyaklah pelakunya 1->Alfi alasan 2. FARHAN= KATA KATA JUJUR NMOR 1 DAN 3 DINI= KATA KATA JUJUR= 1 DAN 3 ALFI= 2 MPIT=1 DAN 3. alfi pelakunya 3 kalimat bohong.

    BalasHapus
  11. Sebuah cerita Pak Rino mempunyai sebuah perusahaan retail dan mempunyai istri bernama rika, mempunyai anak laki-laki bernama nino,dan adik laki-laki bernama sony suatu hari Pak Rino terbunuh di ruang tamu pada pukul 22:00 WIB. Polisi pun menjadikan 3 tersangka 1. Istri korban bernama rika 2. Anak korban bernama nino 3. Adik korban bernama sony. Alasan dijadikan tersangka karena mempunyai alasan yang masuk akal untuk membunuh. 1. Istri korban selalu dianiaya 2. Anak korban selalu dikurung dan dimarahin karena selalu mendapat nilai merah. 3 adik korban selalu dihina karena sering di PHK disetiap perusahaan tempat dia bekerja. Siapakah pembunuhnya? Sebelum dibunuh korban sudah mengetahui niat jahat si pelaku dan menukis surat kemudian disembunyikan didekat pulpen yang berisi "di sendiri yang melakukannya dengan cepat. Sehingga orang itu membunuhku demi harta. Tetapi nafasku sudah mulai berhenti berdetak. Sehingga yang menjadi target adalah saya"

    BalasHapus
  12. mungkin jawabanya adalah farhan...,

    karna di jam tersebut lah mereka masih berada di tempat itu menonton tv,

    jika kita ingat kembali waktu kematian jam 11.10 - 11.30 malam..berarti itu hanya 20 menit..,

    sangat memungkinkan untuk farhan melakukan pembunuhan..,mungkin farhan mencari alasan untuk pergi ke toilet dan meninggalkan dini yang sedang asik nnton tv...,di saat itulah farhan melakukannya tanpa di sadari oleh dini...,dan kembali nnton dengan wajah tanpa dosa.

    ini menurut analisa saya.
    jika benar allhamdulilah...
    hehe

    BalasHapus
  13. dini pelakunya, mpit cuma berbohong bahwa dia bukan pacar jhon dan dia berada di subang semalam kejadian padahal sebelum kejadian dia sempat terlihat oleh yang lainnya.

    BalasHapus
  14. Pelakunya sapa jadi nya bang?

    BalasHapus
  15. menurut saya pelakunya adalag dini,disitu dini ga nyebutin waktu disaat dia nonton bareng, dan dia bilang 'sy menonton bersama saat terjadi pembunuhan' darimana dia tau kalo lg ada pembunuhan? toh dia kan lagi nonton tv. seandainya tau kan dia bisa menolong john, dia menuduh mpit karena dini sebelumnya melihat mpit mengobrol bersama john yg mungkin membicarakan tentang keberangkatannya ke subang, mpit bilang pembunuhnya adalah dhini mungkin karena dhini yg terlalu kuat untuk menuduh bahwa dhini pelakunya. maaf klo salah. luigy14yo

    BalasHapus
  16. menurut saya pelakunya adalag dini,disitu dini ga nyebutin waktu disaat dia nonton bareng, dan dia bilang 'sy menonton bersama saat terjadi pembunuhan' darimana dia tau kalo lg ada pembunuhan? toh dia kan lagi nonton tv. seandainya tau kan dia bisa menolong john, dia menuduh mpit karena dini sebelumnya melihat mpit mengobrol bersama john yg mungkin membicarakan tentang keberangkatannya ke subang, mpit bilang pembunuhnya adalah dhini mungkin karena dhini yg terlalu kuat untuk menuduh bahwa dhini pelakunya. maaf klo salah. luigy14yo

    BalasHapus
  17. Farha dan alfi (sama - sama bohong) ,dan dini cuma ikutan farhan

    BalasHapus
  18. farhan yang membunuh john . . . karna dari jawaban farhan sudah kelihatan (1)saya tidak membunuh nya (kata-kata ini menunjukkan kebohongan dan jawaban farhan terlihat gugup) berbeda dengan mpit yang tidak menyalahkan orang lain (2)menyalahkan orang lain yaitu mpit yang statusnya pacar john farhan menyalahkan mpit karna mpit orang yang menurutnya paling dekat dengan john sehingga dia akan merasa posisinya akan aman

    BalasHapus