Minggu, 13 Mei 2012

Master of Ceremonies

Gue membuat postingan ini sambil nyari tugas di warnet..
Hahaha biasalah, namanya Mahasiswa kalo lagi browsing pasti ngalor ngadur.. (bahasa apaan itu ya?)

Niat nyari tugas, tapi pasti lebih banyak maennya.. gak percaya?
Coba cek kawan sebelah lu.. Pasti link tugasnya satu, link fb, twitter, blog, youtube, dan kawan-kawannya berentet dari ujung ke ujung.. :D
#gak usah malu, gue juga gitu kok XD

Mungkin disini gue cuma pengen sharing beberapa pengalaman gue hari ini :)

Kebetulan hari ini bertepatan dengan ultah BSDC yang pertama, dan alhamdulilah acaranya berlangsung dengan lancar dan suksess! :D

Makasih sebelumnya untuk semua pihak yang terkait dan terlibat dalam acara ini..
Buat para panitianya,, Buat pesertanya,, Para pengurus, serta pendukung kami .. Terima kasih banyak.. Hatur nuhun yaa.. Berkat kalian semua kami jadi bisa belajar banyak kali ini :-)

Seperti biasa, mari kita ambil hikmah dari kejadian hari ini..
Kali ini gue pengen mengajak kalian untuk belajar menjadi MC yang baik :D
#Emang gue sendiri udah baek gitu ya?

Ingin menjadi MC yang baik seperti saya?

menurut Tante Wiki, A Master of Ceremonies (MC or emcee), or Compere, is the official host of a staged event or similar performance. An MC usually presents performers, speaks to the audience, and generally keeps the event moving. An MC may also tell jokes or anecdotes. The MC sometimes also acts as the protocol officer during an official state function. In hip hop music, rock music and electronic dance music, an MC is a music artist and/or performer who usually creates and performs vocals for his own original material (not to be confused with a DJ who plays party music and creates music mixes). Yang artinya: APAAN YAA???  >,<

Kalo menurut kamus singkat gue, MC itu adalah orang yang bertugas di depan (ya kalo dibelakang namanya jadi OB=Office Boy, ngomong" kenapa gak ada yang namanya OG=Office Girl ya? #gak penting banget), lalu bertugas mengatur jalannya acara, memandu pesertanya dari satu acara ke acara lainnya, kemudian mencairkan suasana dengan bermacam-macam permainan atau games yang biasanya disebut dengan ice breaking, dari mulainya acara sampai ke selesainya acara. Bisa dibilang dia adalah pemandu kita dalam acara tersebut.

Dan dari sini gue belajar banyak sih, karena ini juga pengalaman pertama gue, bahwa: JADI MC ITU TERNYATA GAK GAMPANG LHO !!

Sueeerr, kayaknya garing banget pas gue di depan tadi.. Untung aja acaranya padet dan gak banyak selang-selingnya.. jadi tadi itu gak keliatan aja groginya.. huehehehe :D

Nah, berhubung gue udah mendapatkan pengalaman jadi MC (walaupun cuma satu kali), gue pengen berbagi ilmu dengan kalian yang mungkin aja kapan-kapan ditunjuk untuk menjadi seorang MC. And, here it is.. My tips and Trick: How to Be MC yang Baik :D


1. Siapin Mental
Okeh, hal pertama yang perlu kalian lakukan bukanlah hal yang besar, tapi mulailah dari hal yang kecil terlebih dahulu.. yaitu: Siapkanlah mental kalian!

Banyak orang menjadi MC pasti karena sudah terbiasa untuk ngomong di depan umum, orangnya cuek, gak tau malu,atau jangan-jangan udah gak punya malu? *LoL

Untuk menjadi seorang MC, kalian harus benar-benar yakin. Apakah kalian memang ingin menjadi seorang MC ? Apakah anda siap jika nanti terjadi suatu hal yang tak terduga terjadi? Apakah anda juga siap untuk menghibur peserta di tengah-tengah acara?

Semua itu tergantung kepada anda.. Karena itu siapkanlah mental anda jika ada sesuatu yang terjadi agar anda tidak kaget dan langsung jatuh pingsan di tengah acara. Ada baiknya kalian browsing, minta pendapat ataupun masukan dari orang yang berpengalaman jadi MC, dan juga bisa melakukan latihan ngomong di depan cermin untuk melancarkan omongan serta mendapatkan ekspresi wajah yang sesuai.

Jangan nyampe nanti gini ya mukanya

2. Siapkan Hiburan
Di tengah-tengah acara, biasanya (dan malah selalu ada sepertinya), penonton akan jenuh, capek, lelah, dan sebagainya. Karena itu perlu adanya jargon penyemangat untuk menimbulkan motivasi kembali kepada mereka, berilah berbagai permainan atau games agar tubuh mereka aktif bergerak lagi, serta lakukan berbagai interaksi dengan para audience-nya. Semakin dekat anda dengan audience, maka semakin lancar anda dalam membawakan acara. Siapkan juga topik-topik terhangat yang bisa mengenai seluruh audience, karena MC itu harus selalu up-to-date.

Semuanya, katakan Waaooww!!

3. Ciptakan Ikatan yang Kuat antar Anda dengan Pasangan Anda
Bagi yang mau tampil berpasangan, salah satu yang harus anda lakukan sebelum dekat dengan audience anda yaitu dekati terlebih dahulu pasangan anda! Ciptakan chemistry yang kuat, sehingga kalian dapat mengerti satu sama lain. Dan biasanya ini sih yang paling susah, karena membangun chemistry itu gak cukup satu-dua hari.. Kalian harus ngerti dulu karakter pasangan kalian gimana, kemampuan mereka sampe mana, dsb.. Jadi saran gue, siapkan dari jauh-jauh hari chemistry ini, kecuali jika kalian ingin tampil menjadi MC seorang diri saja.

Contoh pasangan yang baik nhe :D

Yah, untuk sementara mungkin ini dulu aja ya.. Kalo ada tambahan mungkin nanti bisa menyusul.. :)

Dan berhubung mata udah 5 watt juga nhe, agaknya gue juga harus segera tidur.. Besok jadwal kuliah padet lagi soalnya.. Doakan gue ya mudah"n gue gak kesiangan bangunnya besok *LoL

Nite Everybody~

PS: Tadi gue nemu situs baca komik horror korea.. Bagi yang mau ngintip boleh buka situsnya di link berikut ini. Pesan gue c.. Jangan baca komik ini sendirian, tunggu sampai halaman selesai di proses semua, dan baca dengan menggunakan mouse scroll. Bagi yang lemah jantung disarankan jangan membaca komik ini ya sampai sembuh terlebih dahulu :). Semoga terhibur :D
Bongcheon-Dong Ghost
Ok-su Station Ghost

Tidak ada komentar:

Posting Komentar