Kamis, 10 Mei 2012

Antara Si Lalat dan Si Sawang

Semalam sekitar pukul 20.00, gue baru aja sampe di kosan tercinta.. #fuihh
Setelah beristirahat sejenak, gue nyalain dispenser dan bersiap menyeduh segelas Energen untuk mengganjal perut (maklum lagi miskin nih...)

Tiba-tiba saja ada bunyi yang tidak asing lagi..

*nguuuuiiinnnggg....*

Gue tengok kiri dan kanan, suara apaan ya?
Dan suara itupun makin jelas..

*nguuuuiiinnnggg....*

Plek! Binatang itu berhenti di samping gelas gue... Dan kalian pasti sudah kenal dengan binatang ini..

Yep, dengan nama ilmiah Cyclorrapha diptera (Bener kagak ya?), binatang ini disebut dengan "Lalaaaaat!" #a-nya satu aja ya.. hehe

Si Lalat

Spontan gue langsung menutup gelas energen gue.. #gak mau rugi
Dan beberapa saat kemudian lalat itupun terbang dan pergi entah kemana.. Tapi dari kejauhan masih terdengar suaranya.. Guepun gak memperdulikannya lagi, yang penting mah tuh lalat gak balik lagi aja ke energen gue... huehehehe *tega*

Tiba-tiba saja ada suara kayak tipi ngadet gitu..
*ngguing,, guingg,, nggguunng,,, bzzzt... bzzzztt...bzzzzttt*

Gue pun penasaran dan gue coba intip sumber suaranya.. Ternyata tuh lalet nyangkup di sarang sawang! Yep, sawang.. Berdasarkan penjelasan ibu gue sih gitu namanya.. Jadi sawang itu sejenis laba-laba tapi bukan laba-laba (jadi apa dong!?) 

Yah kalo sepengertian gue mereka itu mungkin masih sahabatan, sodaraan, sepupuan, dan se-se yang lainnya.. Hanya saja kalo sawang ini badannya lebih kecil, dengan kaki yang lebih panjang dan tinggalnya di sudut-sudut kamar #yang punya kamar langsung cek ya!

Si Sawang

Lalu gue melihat kembali, si sawang ini mendekati si lalat yang tergolek lemas meronta-ronta dari jaring laba-labanya.. Mungkin kalo mereka bisa ngomong bakalan kayak gini:

#Di Sudut kamar
Si Lalat : Tolooong, tooloooong,, Mamaaaa... Akuu mau pulaaaang..
Si Sawang : Huehehehe.. Mampus lu sekarang... Nyum Nyum Nyum...
Si Lalat : Tidaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaakkkkkkkkkk.........

Adegan perkosaan Si Sawang dan Si Lalat

Gue melihat kejadian itu.. Diem... Diem... Gue kentut *ya nggak lha!*

Dan gue baru tahu, ternyata prosesnya itu berlangsung cukup lama juga.. Selama beberapa proses, Si Sawangnya ternyata butuh beristirahat juga.. Jadi yang gue liat semalem sih ini kronologisnya..

1) Si Lalat kejebak di sarang Si Sawang
2) Si Sawang mendekati Si Lalat dan melakukan sesuatu (Mungkin di suntik sama racunnya) #cus cus cus
3) Si Sawang mulai melilit Si Lalat dengan benangnya
4) Si Lalat masih berontak
5) Si Sawang nyuntik Si Lalat lagi #cus cus cus
6) Si Lalat capek dan gak bergerak
7) Si Sawang membawa Si Lalat ke tempat lain yang lebih tertutup #malu diliatin kali ya?
8) Si Sawang menyuntik Si Lalat kembali #cus cus cus
9) Si Lalat diem.. #udah mati kali ya?
10) Gue pergi.. #bosen

TKP Terakhir

Jadi... apa hikmah dari cerita di atas??

#1. Si Lalat mati dimakan sama Si Sawang
Yah anak kecil juga tau kalo cuma itu mah.. -,-"

#2. Yang Besar bisa Kalah oleh yang Kecil
Yep, dengan strategi yang cermat, langkah yang cerdik, bahkan ukuran tubuh tidak mempengaruhi.. Sehebat apapun kita, secepat apapun kita, kalo misalnya kepleset kulit pisang ya tetep aja jatoh dan sakit.. #kecuali mungkin kalo dia turunan gatot kaca *otot kawat tulang besi*

#3. Proses itu jauh lebih penting daripada Hasil
Nah, kita lihat disini.. Betapa sabar si Sawang nungguin tangkepan serangga yang bakal mampir ke rumahnya.. Terkadang rumahnya bahkan di bersihin, ditimpuk2 pake sapu, dan dia terpaksa buat baru lagi di tempat lain.. Dan ketika udah dapet pun dia gak langsung telen bulet-bulet tuh serangga.. Tapi dirapiin dulu, di bungkus pake benangnya, dan dihikmati serta dinikmati.. Bahkan makhluk sekecil itupun mempunyai rasa kerapian dan keindahan yang tinggi. Masa kita yang udah jelas-jelas bisa berfikir dan mempunyai berbagai kelebihan daripada Si Sawang kalah??

Sahabatku, begitu banyak keajaiban di dunia ini.. Tergantung bagaimana sudut pandang kita dalam memahami dan melihatnya, maka kita bisa mengambil hikmah dari kejadian tersebut dan sebagai pelajaran dan introspeksi diri kembali bahwa diri ini sebenarnya sangat 'kecil' sekali di banding Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, yaitu Allah SWT #Buat Bahan Renungan

2 komentar:

  1. maaf bung, mau ngeralat
    nama ilmiah lalat rumah itu Musca domestica

    kayaknya kamu lagi punya banyak cerita ya? enak bener -,-

    BalasHapus
  2. hahaha ya saya kand gak tau neng.. punten yaa >,<
    #maklum bukan anak biologi.. :D

    hehe, abisnya seharian di depan komputer gak tau nhe mau ngapain.. akhirnya corat-coret aja sesuai inspirasi yang dateng :-)

    BalasHapus