Kamis, 26 April 2012

Kepolosan Anak Kecil

Kalo dipikir", ternyata gue dulu pernah kecil juga ya? (ya iyalah!)
Semakin gue nginget masa-masa kecil gue, semakin kangen juga gue dengan masa-masa itu,,
Ketika gue naek perosotan, lompatin anting" bumi, maen petak umpet, sholat dan belajar ngaji di mushola, mpe gak sengaja ngompol di celana *upss rahasia aja kalo yang terakhir itu mah yaa :p

Kepolosan anak kecil itu sangat" lucu kalo kita perhatiin. Betapa mereka menerima dan menjalani yang ada di dunia ini tanpa sedikitpun beban dalam diri mereka. Ini terbukti banget pada diri gue sendiri ketika gue masih kecil. Dan disini, gue pengen berbagi sedikit cerita aja tentang masa kecil gue. Entah penting, entah enggak, tapi kalo kalian mau baca ya silahkan aja.. Karena mungkin aja salah satu dari kalian pernah mengalami hal yang serupa dengan gue :)

Pertama
Waktu itu umur gue masih sekitar 6 tahun, dan gue punya hobi ngutak ngatik apa yang ada di hadapan gue. Suatu ketika gue tiba di depan kamar tante gue, lalu dengan rasa penasaran yang tinggi gue buka aja tuh kamar dan masuk ke sana. Gue berjalan dengan geal-geol ala anak TK yang baru belajar geol (baca: gaul). Akhirnya gue sampe di depan sebuah lemari yang tinggiiiiiii banget di hadapan gue. Gue coba meraih kenop pintu lemari tersebut, dan.. berhasil!

Lemari itupun terbuka, dan gue melihat tumpukan baju-baju tante gue, tumpukan celana, serta onderdil lainnya. Hingga tatapan gue berhenti di satu titik di pojok lemari tante gue. Gue perhatiin di sana ada tumpukan kertas berlembar-lembar yang banyaaaakk banjetz! (alay dikit gpp ya :p)

Yupz, ternyata itu adalah tumpukan uang seribuan bergambar kapiten pattimura lengkap dengan goloknya yang siap menyambit para penjajah dari Belanda. Dan tahukah kalian apa yang gue ucapin ketika pertama kali melihat tumpukan uang tersebut?

Gue cuma bisa bilang, "Waaahh, nemu duit!"

Yep, bagus banget ya kata" gue ? Hahaha pengen ketawa rasanya kalo nginget masa-masa itu.
Kejadian ini terus berlanjut sampe suatu hari gue ngajak temen-temen gue ke sebuah warung buat jajan dengan memakai uang dari lemari tante gue tersebut. Pas selesai jajan, ibu gue nanya ke gue..

"Agi itu beliin temen-temennya pake duit siapa?"
"Itu mah, agi nemu duit di lemari.. hehe"

"Hah? Nemu?? Lemari mana gi??"

"Itu yang ada di kamar tante dian..." jawab gue polos

"Astaghfirullah, ternyata selama ini uang tante ilang diambil sama agi toh.. -,-a" balas tante gue dari belakang

Dan besoknya tumpukan uang itu lenyap ditelan lemari.

Kedua
Guru memberikan peran yang penting dalam pembelajaran seorang anak. Segala yang diucapkan guru akan melekat dan masuk ke dalam jiwa sang anak. Gak percaya? Kalo diitung-itung sebenernya kita itu lebih banyak ketemu dengan guru lho dibanding sama orang tua.. Kita sekolah dari jam 7 sampe jam 2 siang, terus pulangnya maen-maen dulu entah kemana sampe jam 6. Nyampe rumah capek langsung tidur. Jadi kalo diitung-itung kapan waktu kita buat ortu kita? Makanya guru yang memegang peran paling penting dalam mendidik anak.

Gue pernah punya guru di kelas 4 SD yang gue lupa namanya (parah banget ya? -,-"), dan guru gue ini pernah bilang ke gue.. "Kalo misalnya gak ada air buat cebok (baca: membersihkan diri dari hadats kecil), maka kalian bisa menggunakan daun sebagai pengganti air". Satu kelas cuma manggut-manggut, dan beberapa kawan gue langsung mempraktekkannya di pohon terdekat. (ps: gue gak ikut"an yaa waktu itu :p)

Gak cuma itu, waktu kelas 6 SD ada guru gue juga yang pernah bilang ke gue, (secara baru belajar IPA nih, jadi kita berpikir ilmiah ketika itu) bahwa sebenarnya ludah itu adalah kumpulan racun dalam tubuh kita yang harus kita buang. Karena itu gak boleh kalo ada ludah di mulut terus kita telen lagi ludahnya, karena itu sama aja minum lagi racun yang mau kita buang. Dan tahukah kalian? Semenjak hari itu tiap ada ludah gue selalu berusaha untuk ngebuangnya, sampe" kalo lagi tidur pun gue selalu ngebuang ludah (baca: ngiler) *LoL


Ketiga
Ketika kecil dulu, gue suka mengartikan sesuatu secara simpel. Kalo dibilang "Buanglah sampah di tempatnya", maka gue selalu mencari sesuatu yang kelihatan seperti tempat sampah. Dan salah satu kalimat yang gue artiin secara simpel juga yaitu "Sholatlah sebelum kamu di sholatkan". Pada waktu itu gue nangkepnya bahwa arti dari kalimat ini adalah kita harus sholat sebelum diingetin orang laen. Entah kenapa, mungkin kalo udah diingetin orang laen nanti pahalanya pindah ke orang itu kali ya? Jadi setiap Ibu gue udah mulai mendekat dari kejauhan, yang gue tau pasti bakal ngingetin buat sholat, maka gue langsung lompat dan ngambil wudhu.. Belakangan gue baru tau kalo makna dari kalimat ini adalah bahwa kita harus sholat sebelum ajal menjemput kita. #JauhBanget

Ada kalimat anak kecil juga yang banyaak banget mengandung kesalahan persepsi yaitu: "Jangan deket-deket sama anak cewek, nanti dia bisa hamil lho!". Dan gue sebagai anak kecil dulu tertipu mentah-mentah dengan kalimat ini. Yang gue tau, namanya orang hamil itu perutnya bakalan gede kayak orang kebanyakan makan mpe perutnya bengkak terus bakal ngelahirin anak kecil "Oee.. Oee.." . Karena itu gue mpe jaga jarak sama temen-temen cewek gue. #takut ngehamilin mereka maksudnya.

Yah gue bersyukur karena jaman kecil dulu belum ada istilah Homo. Hahaha :P

:: Ini Kisahku.. Mana kisahmu?? ::

Tidak ada komentar:

Posting Komentar