Selasa, 24 April 2012

Antara 500, 4000 dan 5000

Ikhlas itu sebuah kata yang sederhana tapi memiliki makna yang dalem. Untuk mencapai tingkatan ikhlas pastinya membutuhkan usaha yang keras. Dan sepertinya, gue masih belum bisa untuk bener-bener mencapai tingkatan ikhlas itu.

Buat sekarang ini ada beberapa hal yang sampe sekarang kepikiran buat gue.

Pertama, kalo kita ngutangin duit ke temen kita.. Haruskah kita selalu menagihnya?
Memang, kewajiban kita itu adalah "mengingatkan". Dan kata temen gue tempo hari sih batas kita ngingetin itu cuma sampe 3 kali aja. Buat gue sendiri juga hal itu bener banget. Lagian kalo nominal yang kita pinjemin itu kecil banget, apa gak sebaiknya di ikhlasin aja? Gak lucu juga kan tiba" kita datang ke temen kita dan bilang "Ehh kemaren lo minjem 500 lho ke gua.. Bisa dibalikin sekarang gak?"

Asa kumaha gitu rasanyaa -,-"

Kedua, kalo kita yang berhutang tapi lupa jumlah nominalnya. Pengalaman gue, terutama kemaren sih pas mau bayar listrik, jadi sistemnya itu di kosan gue setiap tanggal 13 - 15 pengumuman biaya listrik sebulan kemarin di tempelkan di mading kosan. Waktu itu gue sempet ngeliat tagihan listrik air+listrik gue buat bulan ini sekitar 43rb. Cuma karena gue waktu itu belum megang duit akhirnya gue putusin buat nunggu kiriman dulu dari ortu. Sialnya, pas kiriman dateng, pengumuman listriknya itu dicabut!

Yah, gue cuma inget waktu itu temen-temen sekosan yang laen juga kena biaya sekitar 43 - 47rb. Masalahnya... GUE MASUK YANG MANAA???

Akhirnya gue dateng ke rumah bapak kosnya buat bayar tuh uang listrik. Sampe di sana gue ketemu sama anaknya, dan beliau cuma bilang "Oh mau bayar listrik ya? 47rb kan?", dan gue dengan wajah plengak-plengok cuma bisa jawab "Ehh.. Ahh.. Ii.. iyaa...". Dan sambil menerima uang kembalian 3rb perak akhirnya gue ke warteg dan makan siang disana sambil mikir "Emang kemaren listrik gue abis 43 atau 47rb ya..?"

Ketiga, Tipe-tipe orang yang berhutang itu banyak. Ada yang ngutang dan inget jelas utangnya berapa, tapi ada juga yang berhutang tapi cepet lupa kalo pernah minjem duit sama tuh orang. Tipe kedua itu yang paling parah, dan entah kenapa gue bisa ketemu sama tuh orang.. --"

Gue punya temen, ya sebut aja si Supri *Ngikutin mas @Shitlicious :p* Dan ceritanya si Supri ini pernah minjem duit goceng ke gue. Pas pertama gue tagih dia cuma bingung aja seakan" gak nyambung sama perihal utang piutang yang gue omongin. Besoknya dia ngomong ke gue "Oya gi, maksud lo kemaren itu gua punya utang ya sama lo yang beli nasi bungkus itu?" dan gue cuma jawab "He.eh, baru nyambung ya?", dan dia bales "Iya.. hehehe". Abis itu dia diem dan perlahan" pergi ninggalin gue sambil gondok "Terus maksudnya nanya itu apaan yaa!!??" karena ampe sekarang dia gak pernah ngebahas" lagi masalah itu.. mungkin lupa kali ya? #ccd dhe

Gue tau walaupun gue nulis disini juga mungkin gak bakalan ada gunanya. Tapi mungkin bisa sedikit ngelepas uneg" dalam diri gue. Siapa tau juga ada yang comment dan ngasih tau petuah" bijaknya buat gue #ceilee..

Dan inti dari semua intinya sih yaitu buat : Ikhlas.
Yah mudah"n aja suatu saat gue bisa ikhlas, karena yakin aja Allah pasti bakal ngebales semuanya di waktu yang tepat #amiiin

:: Sesungguhnya ada sebuah hikmah dibalik setiap kejadian ::

Tidak ada komentar:

Posting Komentar