Senin, 11 Januari 2016

Mari Menulis (Lagi)

Banyak orang yang ingin jadi penulis, tapi sedikit sekali yang action dengan menulis.
Banyak orang yang ingin menerbitkan buku, tapi jarang sekali yang menorehkan idenya dan menulis.

Ya, menulis itu terkadang seperti iman pada manusia. Bentuknya fluktuatif: kadang di atas jika sedang bersemangat, tetapi bisa juga anjlok ke bawah jika sedang tidak ada nafsu dalam menulis. Tidak hanya itu, terkadang ketika kita menulis pun hasilnya beraneka ragam. Kadang bagus (banget) kalau lagi serius, tapi bisa juga ancur lebur ketika diniatkan hanya untuk menyelesaikan tulisan tanpa ada niat atau tujuan tertentu.

Lantas, bagaimana agar istikamah dalam menulis?

Ada banyak cara untuk menjaga komitmen kita, namun salah satu yang paling efektif menurut saya adalah dengan bergabung ke dalam komunitas menulis. Komunitas yang mana? Itu terserah anda. Banyak sekali komunitas menulis di Indonesia, mulai dari Forum Lingkar Pena (FLP), Komunitas Penulis Kreatif (KPKers), Rumah Dunia, UKM Kepenulisan Islami Al-Qolam UPI, dan sebagainya. Pilihlah satu yang anda sukai dan paling dekat dengan lingkungan anda. Itu tips pertama :)

Manfaat dari bergabung dengan komunitas menulis ada banyak sekali. Mulai dari mendapat info-info lomba menulis, mendapat sharing ilmu kepenulisan, dan tentunya mendapat sahabat seperjuangan yang bisa saling menyemangati. Nah untuk para blogger, tentu sudah tidak asing lagi dengan program One Day One Post ?

Banyak sekali yang memulai program ini, saya sendiri juga tidak tahu siapakah yang pertama mencetuskan. Namun, saat ini ada beberapa orang yang ingin membentuk komunitas #OneDayOnePost. Seperti layaknya #OneDayOneJuz, inti utama dari program ini adalah menjaga konsistensi postingan, baik di blog, facebook, atau twitter. Kebetulan, yang baru-baru ini saya ketahui mencetuskan kembali adalah Bang Syaiha. Program ini pun terbuka untuk umum dan bagi segala umur. Tidak pandang usia maupun gender, latar belakang dan sebagainya. Selama berkomitmen dan memiliki keinginan kuat untuk menjalankan program ini, semuanya bisa ikutan :)

Tertarik mengikuti program ini? Silakan kontak Bang Syaiha dengan format: Nama (spasi) Alamat (spasi) Alamat Blog (spasi) Alasan ikut bergabung dalam ODOP, kirim via WA ke 08567930929

Mari Menulis (Lagi) :D

#OneDayOnePost #HariPertama #GIPH

2 komentar:

  1. Semoga istiqomah nulis setiap hari ya, Mas..
    Jaga semangat dan konsistensinya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin. makasih bang doanya, insya Allah komitmennya juga bakal dijaga. aamiin :)

      Hapus