Selasa, 10 Januari 2012

Birthday Party

Huaaahhhh akhirnya... akhirnya akhirnya akhirnyaa...
Hari ini UAS telah berakhir! Horeeeee :D *bersorak hip hip hurray*

Yep, baru saja kami selesai menjalankan tugas suci terakhir kami di bidang kimia..
Walaupun beberapa jawabannya ngaco.. wekekeke :D

mau liat contohnya? ini dia:

1) sebutkan yang anda tahu tentang:
a. lipid
b. glukosa


jawab:
a) lipid adalah nama lain lemak. lipid terdiri dari kumpulan-kumpulan lemak yang berfungsi menjaga suhu tubuh dan melindungi tubuh dari serangan luar.
b) glukosa adalah nama lain dari gula. rumus molekulnya C6H12O6. rasanya manis dan bisa larut dalam air.


yah anak SD juga tau kalo cuma jawaban kayak gitu mah ya? haha :D
whatever lha, yang penting udah selesai mengarang bebasnya! XP

btw, gue mau cerita sesuatu..
hari ini salah satu temen gue yang bernama Ryanti Astri Mustikawati a.k.a Ryanti Ryazuka berulang tahun yang ke 17 ! Sweet Seventeen boo.. hehe *Say Happy birthday to her*

bagi yang pengen ngucapin bisa ke alamat ini : http://www.facebook.com/profile.php?id=1464342873

Nah sesuai dengan judul yang gue buat, disini gue pengen ngebahas beberapa hal tentang "ulang tahun". Ulang tahun itu berasal dari 2 kata, ulang dan tahun. Yang berarti tahun yang berulang-ulang *LoL


Ulang tahun dalam bahasa inggris biasa disebut Birthday atau Bornday yang artinya Hari Kelahiran. Sebenernya gue termasuk heran juga, kenapa hari kelahiran selalu kita rayakan setiap tahunnya?

Dalam agama gue (Islam), hari kelahiran atau ulang tahun ini sebenernya tidak boleh dirayakan..
Mengapa begitu? Karena itu artinya kita semakin dekat dengan kematian..
Ya, kematian..

Sadarkah kita bahwa kita di dunia ini hanya sementara ?
Kita di dunia ini cuma numpang, dan kehidupan kita yang kekal baru akan kita jalanin pada saat kehidupan setelah kematian nanti yaitu di akhirat (alam baka).

*Ngomong-ngomong kenapa jadi kayak ceramah gitu ya?

Back to topic!
Sesuai dengan tradisi masing-masing negara, perayaan ulang tahun ini dapat berbeda-beda.
Contohnya di Indonesia.

Negara kita menganut kultur dimana orang yang berulang tahun diwajibkan mentraktir teman-temannya. Darimanakah sejarah ini berasal? Saya juga kurang tahu..
Yang jelas acara ulang tahun selalu dikaitkan dengan acara makan-makan yang mengakibatkan Si "Beruntung" itu harus mengeluarkan uang untuk mentraktir teman-temannya seharian itu. (kasian ya? udah umur berkurang, duit juga berkurang.. ckck)

Selain itu juga, biasanya setelah acara makan-makan dilanjutkan dengan acara lainnya. Seperti acara jalan-jalan, karaoke bareng, maen-maen bareng dsb. Gak hanya itu, tahukah kalian dengan tradisi lempar telor? Ya, biasanya sih ketika orang itu berulang tahun, pas di jalan mau pulang suka ada yang nyergap. Dia di iket dulu, terus rame-rame di timpukin telor, tepung, air belau, dsb. (tambah kasian lagi dhe, udah basah-basahan abis ini dia juga mesti nraktir temennya)

Gue juga bingung sebenernya dengan kultur negara kita ini.
Di sisi lain, di luar negeri sana justru perayaan ulang tahunnya berbeda.
Contohnya di Belanda.

Yang gue tau, di Belanda itu ada istilah kayak gini. Ketika seseorang berulang tahun, maka dia akan memanggil teman-temannya, merayakannya, memeriahkannya, dan setelah acara itu selesai bill-nya dibagi masing-masing ke temen-temennya, otomatis dia sendiri tidak membayar biaya sepeserpun untuk acara tersebut (enak ya?)

Coba kalo gue ulang tahun bisa kayak gitu juga.. Entar gue bakal panggil Band terkenal, makan-makanan restoran bintang lima, dan kalo udah selesai tagihannya gue bagiin ke semua temen-temen gue. (besoknya gue udah gak punya temen lagi)

Biasanya tuh yang paling di tunggu-tunggu sama orang yang berulang tahun adalah: Kado.
Bisa kado dari si do'i, ataupun dari temen-temen lainnya.
Terkadang kalo lagi punya gebetan mah, asal dia udah ngucapin aja pasti rasanya seneng banget..
Kayak terbang ke langit, naek paus akrobatik, dan metik bintang paliiiing asyiiiik :D (kayak pernah denger kalimat ini ya?)

Yang memberi kadopun bukan sembarang orang. Biasanya itu teman-teman terdekat kita, dan mereka selalu dengan berbagai cara jauh-jauh hari sebelum kita ulang tahun menanyakan hadiah apa yang kita inginkan di hari kita ulang tahun nanti? Lucunya orang-orang yang ditanya terkadang lupa dengan apa yang mereka katakan.. Ketika sadar dengan hadiah di tangan, dalam hati mereka berfikir "kayaknya dulu gue pernah pengen banget punya barang ini deh.. tau aja mereka itu, emg sohib banget yaa mereka!" (padahal...)

Salah satu insiden terparah hasil perayaan ulang tahun ini, pernah gue alamin pada saat gue duduk di bangku kelas 2 SMA. Saat itu ada seorang teman kami yang bernama Iga Asmalia. Dia berulang tahun pada tanggal 16 Maret. Di hari yang beruntung itu, dia dipaksa mati-matian untuk dilempar dan ditimpuki telor-telor dari kami. Alhasil apa yang terjadi? Pertama telor-telor itu menimpuki kepalanya, dari kepalanya isi telor tersebut tumpah dan jatuh ke lantai, setelah itu lantai menjadi becek karena isi telor yang berhamburan, ia memaksa memberontak dan terjatuh di lantai. Suasana horror. Kami semua takut dia kenapa-kenapa. Dan setelah itu alhamdulilah (yah) dia gak kenapa-kenapa dan bisa ketawa-ketiwi lagi kayak biasanya.

Gue sempet penasaran sih, sebenernya rasanya ditimpukin itu gimana sih ya?
Gue selalu pengen sekaliii aja ditimpukin pake telor, tepung, dsb..
Pengen aja ngerasain apa yang temen-temen gue dulu rasain..

Hmm.. kira-kira hadiah apa yang bakal gue terima bulan depan ya? *ngarep*
We'll see you later guys :-)

Pesan Moral: Jangan nimpukin telor yang masih keras ke kepala teman kalian, salah-salah dia bisa gegar otak ataupun semaput. Paling baik adalah ketok-ketok dulu telornya sampe retak di dinding, belah telornya, dan tuang isinya di atas kepala teman anda. Selamat mencoba! ^o^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar