Senin, 09 Januari 2012

Game, Game, Game

Hello Guys!
Back again with me..
Agi in the house yoo :D
#NP: musik dugem *LoL

Okey hari ini gue abis UTS Fisika, dan entah kenapa lagi-lagi setelah selesai melaksanakan tugas suci tersebut, gue kembali bergelut dengan dunia blog.. hmm mungkin juga karena gue lagi seneng-senengnya dengan dunia blog yap? secara gue kayak punya diary online buat gue sendiri.. tapi tentunya privasinya ini bukan cuma buat gue sendiri, tapi buat semua onliners di seluruh penjuru dunia! *tepuk tangan*

Hari ini gue pengen sedikit berbagi dengan kalian pengalaman-pengalaman gue tentang bermain game online. Mungkin disini ada yang pengen nanya "kok dari kemaren bahasannya online mulu yap?" tapi gpp deh yang penting gue cabut, daripada nanti tuh temen-temen pada ribut *loh kok malah nyanyi?*

Sorry about that, gue orangnya emang suka nyanyi getoo, jadi harap maklum aja ya.. hehe :D

Back to our topics, pengalaman pertama online game gue yaitu Ragnarok Online. Disini bener-bener awal-awalnya online game mulai merambah di seluruh penjuru dunia.. Saat itu RO sebagai game pencetus satu-satunya yang bertemakan tentang petualangan sedikit demi sedikit mulai menghipnotis penduduk Indonesia untuk mulai bermain Game Online.


Gue pertama tau tentang RO itu dari salah satu sahabat gue yang terkenal..
Sambutlah diaa.. Mr. Bon Jovi *jeng jeng jeng jeng*
#NP: Linkin Park - Numb (loh Bon Jovi kok nyanyinya lagu LP yap? -,-")

Izinkanlah gue untuk memperkenalkan temen gue yang satu ini..
Beliau bernama Baskoro Edwin Joviantomo, saat ini dia sedang menempuh pendidikan di Binus, yep tempatnya para Gamers yang gue tau karena itu salah satu tempat yang koneksi internetnya bagus, dari segi tempat maupun penduduknya. Apalagi disitu memang membahas tentang komputer dan kawan-kawannya kand? Yo wez dhe, lengkap sudah penderitaan (lha siapa yang menderita bang? kami senang kok :D)

Gue pertama kenal dengan si Jovi ini ketika gue duduk di bangku kelas 5 SD. Selidik asal selidik, ternyata rumah die sama rumah gue tuh deket banget tau gak sih loee? *alay mode on*
cuma nyebrang gang, masuk siring, nyemplung empang, dikejer anjing sama lompat pager aja langsung dhe ketemu rumahnya! :D
#okeh *kidding*

Gue sempet duduk sebangku dengan si Jovi ini. Itu kayaknya sih pas masih kelas 5, atau pas di kelas 6 ya? Maap agak pikun nhe, maklum udah tua.. hhe (kalo ada yang mau ngingetin boleh kok)

Pokoknya di umur segitu gue kenal dia, dan kita selama 2 tahun berada di kelas yang sama. Nah ceritanya itu gue juga punya temen yang bernama Rezky Julio Endriawan a.k.a. Eky *banyak banget ya temen gue? maklum dah gue emang kebelet gaul :ngacir*

(Gaya Jawa Medok)
Jaddii, Dari pertemenan kita bertiga antara gue, Jovi, dan Eky, kenallah kami dengan dunia Game Online ini. #capek ngomong medok, ganti biasa aja ah! *rempong*

Ehm sampe dimana kita tadi? Oya kenal dengan game online..
So, ceritanya itu si Eky sama Jovi duluan yang kenal dengan RO ini. Mereka kemudian sempet ngajakin gue buat ikut maen tuh game.. Pernah beberapa kali gue ikut mereka ke warnet, tapi waktu itu gue sama sekali belum tertarik..

Sampe akhirnya ketika gue masuk di SMP 4.. pas itu banyak temen-temen gue yang maen RO. Lama-lama gue jadi tertarik juga dan akhirnya ikutan maen dah tuh game .. hehe

Tapi hubungan gue dengan RO ini enggak berlangsung lama (kok jadi kayak orang pacaran gini ya?). Beberapa waktu kemudian, mulai merambah virus CSO (Counter Strike Online), nah disini kita maen perang-perangan kayak tentara gitu, ada 2 kubu yang pertama Terrorist, dan yang kedua Counter Terrorist. Terrorist bertugas naro bom di tempat lawan, sedangkan Counter Terrorist bertugas menghalangi Terrorist untuk naro bom di tempat mereka itu. Pokoknya sempet seru-seruan bareng lha pas itu, dan untuk sekedar informasi waktu itu nickname andalan gue adalah "Jualan Cimol" . Kenapa gue kasih nama "Jualan Cimol" ? Karena temen-temen gue yang laen pada pake nama "Jualan Somay", "Jualan Pempek", "Jualan Batagor", dsb. (ini mau maen atau mau jualan makanan ya sebenernya?)

Nah setelah jamannya CS, sempet ada juga jamannya kita maen Dota.. Dota ini adalah sebuah game dimana disitu banyak sekali jenis permainan yang dibentuk dalam 1 format yang sama yaitu game perang-perangan, petualangan, dsb yang tentunya tidak jauh berbeda dari format Warcraft "Frozen Throne". Waktu itu yang suka maen dota pertama kali adalah Haikal. Dengan nama lengkap M. Haikal Pasha (bukan Pasha Ungu ya), sahabat kita satu ini sukses mengajak kita demam Dota. Game Dota pertama yang kita mainkan saat itu adalah Angel Arena. Kita sempet tertarik dengan game ini karena ada banyak sekali karakter disana yang diambil dari tokoh anime, seperti: Inuyasha, Goku, Bezita, dll.

Permainan Dota ini terus berlanjut sampe sekarang, walaupun terkadang kita selingi dengan bermain yang lain.

Suatu ketika, ada 1 komputer yaitu tepatnya Komputer No. 28 yang terletak di ujung Squid Net di install 1 program baru yaitu "Seal Online" . Disinilah kami semua mengenal Seal. (oya sekedar informasi postingan sebelumnya ternyata ada sedikit ralat. Seal Online itu memang diambil dari kata "Seal" yang artinya Segel. Karena tujuan dari game ini adalah untuk menyegel Bale atau sejenis makhluk yang hidup di dunia Seal ini. Untuk lebih jelasnya bisa di buka di http://seal.lytogame.com/dunia) .

Teringat sedikit kenangan di masa itu, ketika kita lagi keranjingan dengan Seal Online, kita semua rebutan tempat cuma buat bisa duduk dan bermain di komputer itu. Akhirnya setelah beberapa lama, Seal Online mulai di install di semua komputer. Dengan begitu tidak ada lagi yang rebutan tempat untuk bermain Seal ini (makasih Ko Rudy :))

Pengaruh Seal Online ini cukup lama berlangsung karena updatean yang teratur, dan juga promo gratisannya itu yang membuat kami semua betah untuk pindah dari RO ke Seal. (rata-rata game pada saat itu harus menggunakan voucher untuk dapat bermain)

Seiring berjalannya waktu, mulai datang juga Online Game yang bekerja di bidang musik. Yang pertama kali adalah O2Jam. Sejujurnya gue sangat suka dengan game ini, karena disini sistem mainnya itu kita kayak main piano. Kita gunakan Keyboard dan ikuti irama yang tersedia. Walau disini lagunya minus one semua, tapi cukup bagus dan menarik untuk dimainkan.

Game kedua yang bertemakan musik adalah Audition. Disini Audition bermain dengan Number Board. Dengan menggunakan barisan angka di bagian kanan Keyboard, Audition sukses menarik perhatian para pecinta game. Beberapa isu juga mengatakan bahwa banyak yang menggunakan cara ilegal untuk mendapatkan koin di game ini dan menjualnya sehingga para penjualnya mendapatkan keuntungan pribadi. (sebenernya bukan di game ini aja c, tapi hampir di semua game cheat-cheat itu pasti ada). Salah satu sahabat gue yang tertarik dengan game Audition ini adalah Surya Anugrah Putera a.k.a Uya (bukan Uya Kuya lho ya)

Sukses dengan Audition, muncul game baru dengan format yang mirip Audition yaitu: Idol Street. Bertemakan musik-musik masa kini, terutama lagu-lagu terbaru dari Indonesia, game ini juga mendapatkan keuntungan tersendiri. Tapi bagi penggemar setia Audition, game ini kurang menarik karena mungkin dari segi tampilan dsb masih ada kelebihan tersendiri di pihak Audition.

Cukup untuk game musik, lanjut lagi ke Online Game yang di awal kita bahas.
Game terakhir yang menarik perhatian gue dulu adalah RF Online. Game ini menceritakan pertempuran antara 3 Bangsa yaitu Bellato (bangsa manusia), Cora (bangsa penyihir), dan Accretia (bangsa robot).

Dengan scene yang bagus, tampilan yang menarik, sistem lelang dalam menjual barang, pertempuran antar bangsa, semua ini memacu para Gamers untuk memainkan game ini. Saat itu gue mulai mengenal game ini ketika kelas 3 SMP, dan game ini mulai banyak diminati pasca gue SMA atau sekitar tahun 2008-2009.

Pada saat itu, warnet langganan gue tetap Squid Net, dan dengan berbagai fasilitas yang ada ternyata banyak juga yang minta gue mainin karakternya sekedar untuk hunting dan lain sebagainya..

Paket yang paling sering gue pake di Squid kalo lagi libur yaitu cukup sediakan 50rb untuk sehari maen. Rinciannya sebagai berikut: Ongkos pergi Rp. 4.000, Paket 12 jam Rp. 25.000, Voucher 1 hari Rp. 10.000, Makan Nasi Goreng Rp. 8.000, Ongkos pulang Rp. 2.000. Total: Rp. 49.000 . Yah itulah paket liburan gue yang dimulai dari jam 7 pagi sampe jam 7 malem.

Bermain Game Online itu tidak selalu menyenangkan, terkadang ada juga kisah-kisah sedih para Gamers.
Salah satunya juga sempet gue alami. Pada waktu itu gue emang keranjingan banget sama Game Online sampe-sampe gue gak ngeliat kondisi badan gue sendiri. Dan mau tau akhirnya gimana? Gue sempet buat cerpen tentang ini dan inilah cuplikannya..

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

"Aku terbaring lesu di kasur sambil mencoba mengistirahatkan diri. Ketika itu ibuku baru saja pulang dari bekerja. Ia langsung menghampiriku dan 'Plakkk!', sebuah tamparan mendarat tepat di pipi kananku. Spontan aku langsung kaget dan melihat ibuku, matanya berkaca-kaca seakan hendak menangis. Dengan terbata-bata ia mengucapkan beberapa patah kata yang membuatku hatiku pilu..


'Mamah itu udah percaya sama Agi.. tapi kenyataannya mana?? Agi malah ngecewain Mamah! Mamah kecewa berat sama Agi!'


Selesai mengucapkan kata-kata itu ia langsung beranjak pergi dari hadapanku. Aku terdiam membisu dan tidak dapat berkata apa-apa lagi. Sekilas aku memikirkan betapa berat kesalahanku padanya. Ya Allah, maafkanlah hambamu ini.."
 

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Tahukah kalian apa konflik dari cerita di atas ?
Ketika itu gue lagi sakit, badan gue panas, dan di sekolah itu lagi ada tugas praktek fisika buat bel listrik. Ini tugas kelompok dan perlengkapannya itu ada di gue semua. Dan bodohnya gue, karena gue ngerasa telat dan takut dihukum, akhirnya gue memilih untuk cabut dan seharian maen di warnet dengan kondisi yang gak fit itu.. And you know? akhirnya gue terbaring lagi di atas sofa karena gak kuat maen selama 4 jam di warnet itu.. Emang yah, online game itu bisa buat orang gak berfikir jernih.. Semuanya bakal dia tinggalin cuma buat maen game itu. Memang kalo sekedar buat have fun, ngilangin penat, refreshing aja.. that's okay..
Asal jangan terlalu berlebihan dalam melakukan semua itu..

Satu yang gue pelajari dari game online ini, dan satu nasihat buat kalian semua yang ngebaca tulisan ini..

Game Online ataupun semua yang berkaitan dengan Online itu memang bisa jadi pelarian dari segala macam masalah kita.. Tapi satu yang harus selalu kalian ingat, janganlah bikin orang tuamu kecewa hanya karena game online ini.. kalian meninggalkan pelajaran, meninggalkan sekolah, kuliah, pekerjaan, yang sebenernya kalian itu masih dibiayai oleh orang tua kalian.. SADARKAH KALIAN???

Orang tua kalian nyari duit susah-susah buat kalian sekolah dan kuliah, tapi kalian tega meninggalkan sekolah serta kuliah tanpa menghargai usaha tua kalian dalam mencari uang tersebut??

Orang tua kalian rela gak makan demi kalian bisa makan.. tapi kalian sendiri justru sengaja gak makan cuma supaya bisa maen di warnet.. pernahkah kalian berfikir seperti itu?

Dulu gue pun sama seperti itu, gue rela gak makan roti yang harganya seribu demi bisa maen 20 menit di warnet.. tapi belakangan gue mikir, untungnya buat gue maen game ini apa sih? cuma buang-buang waktu dan ngabisin duit orang tua gue aja..

Dan buat kalian yang berfikir seperti gue, cepat-cepatlah bertaubat ya, demi kebaikan kalian dan juga orang di sekeliling kalian terutama orang tua kalian.. laksanakanlah kewajiban kalian dulu, jangan tinggalkan tanggung jawab kalian, dan jika kalian memang sedang tidak ada pekerjaan bukankah lebih baik di isi dengan kegiatan bermanfaat seperti belajar atau beribadah?

Bermain itu perlu, tapi jangan sering-sering ya..
Mungkin cuma itu pesan singkat dari gue di kesempatan kali ini..
Maaf ya klo kesannya kayak nasehatin kalian, tapi gue cuma gak pengen kesalahan gue di masa lalu terulang sama kalian..

Oya bagi kalian yang penasaran sama cerpen gue tersebut, mungkin kapan-kapan bisa gue post di sini.. Just wait the time, and time will be answer that for you all ;-)

Okeh, mungkin cukup sekian dulu tulisan dari gue hari ini,,
dan makasih buat kalian yang udah bersedia baca tulisan gue dari awal sampe akhir..

Salam gamers!
=D1n4dan
=Lotto007
=P4l4d1n
=Jualan Cimol

Tidak ada komentar:

Posting Komentar