Minggu, 22 Juli 2012

Marhaban Ya Ramadhan

Tak terasa 2 bulan telah berlalu semenjak postingan gue tentang Puasa di Bulan Rajab,,
Dan kini kita telah dihadapkan dengan bulan nan suci, yaitu Bulan Ramadhan 1433 H :)

Selang waktu 2 bulan ini merupakan saat" yang sulit bagi gue,, Gue jadi lumayan sibuk dengan pekerjaan asistensi gue di bidang Humas Kopma BS UPI, gue lumayan sibuk juga dengan SP dan kegiatan" di luar itu, hingga fb, twitter, dan blog gue jadi terlantar sementara nhe karena gue fokus di kerjaan gue sebagai humas..

Emang ngapaind aja sih kerjaan Humas itu gi??

Mungkine beberapa dari kalian sempet bertanya, Humas itu ngapaind sih?
Tadinya gue pikir juga.. Humas itu paling gak jauh" dari jarkom aja..
Padahal? Gak cuma sekedar gitu kalee..

Humas itu bertanggung jawab penuh terhadap hubungan-hubungan kelembagaan, baik pihak internal maupun eksternal.. Humas itu menjadi kunci gerbang pertama dalam hubungan kemitraan.. Baik buruknya suatu lembaga, itu bisa dilihat dari Humasnya.. Kalo humasnya aja udah gak bener, gimana yang lainnya?

Dari situ gue belajar banyak, dan proker Humas itu memang simple, tapi cukup ribet.. #nahloh?

Sebagai contoh gini. Prokernya itu intinya cuma buat mengupdate data, menjaga eksistensi, dan hubungan dengan berbagai pihak. Tapi tindakannya ? Update fb, twitter, blog, mading, menjaga silaturahmi dengan staff ahli, pihak kampus, rektorat, direktorat, menghadiri undangan, berkomunikasi dengan kopma rekanan (khususnya dalam kasus gue), mengantarkan surat, mengurusi perizinan, dsb.. Dan kalian tau gimana rasanya menjalani semua itu? Capek! >,<

Sekedar update fb dan twitter kedengerannya memang mudah, tapi memikirkan isi status yang sekiranya bermanfaat, menjaga sopan santun, menjawab semua pertanyaan yang ditujukan kepada kita, berinteraksi dengan banyak orang.. Memang disini diperlukan skill  berbicara dan juga luwes dalam bergaul dengan semua orang,, yang gue sendiri pahami, sudahkah gue punya semua itu?

Kalo boleh jujur mah, (boleh gak yaa..??)
Ya boleh" aja lha ya? #maksa

Gue itu sebenernya orangnya mah pendiem.. Mungkin di blog aja gue keliatan gini, gaul getooh (Oh ya?), sedikit alay (Hadehh..), dan naris.. (Apa siihh..),, Padahal aslinya mah? Gue itu jarang ngomong, dan mungkin lebih sering update status #lho?

Jadi gue sendiri sedikit bingung sih, cocokkah sebenernya gue di Humas?
Cuma gue juga kembali bingung, selaen Humas bidang apa lagi yang cocok buat gue?

Yah, pada akhirnya gue tarik kesimpulan bahwa "Kecocokan itu bukan dicari, tapi diciptakan" #Eaa..

Sedikit bagusan dikit lha ya bahasa gue.. huehehe :p

Cuma gue juga kadang ragu sedikit dengan kata" gue.. Gue sering mengganti" sedikit kosa kata maupun isi tulisan setelah gue posting.. Dan barusan gue juga melakukan hal tersebut.. Sialnya mah, gue kand gak tau apakah si penerima pesan itu udah sempet baca atau enggak tulisan dari gue? Gak enaknya mah kalo misalkan gue udah ganti, ehh ternyata dia juga udah ngebales pesan gue barusan.. >,<

ckckck (baca: cekacekaceka) -,-"

Okeh, itu sekilas tentang update status fb dan twitter, sekarang kita masuk ke dalam update blog dan mading.. Buat mengupdate kedua media ini pun bukan hal yang mudah.. Kita harus membuat tampilan yang menarik, isi yang berkait, dan juga tempat yang unik! #maksudnya,,??

Yah gue sendiri juga bingung apa yang gue omongin barusan.. huehehe *LoL
Yang jelas dalam mengupdate kedua media ini gue gak boleh jauh" sama komputer.. #loh emang kenapa?

Buat blog mah jelas ya kita kand harus online,dan itu cuma bisa lewat komputer, apalagi buat ngetik" dan sebagainya.. Kebayang update blog lewat hape, ahh~ lieur! (baca: pusing! :p)

Terus hubungannya sama mading apa?

Tadi kand udah gue jelasin ya, bahwa tampilan mading itu harus menarik supaya mau dibaca orang.. Karena itu gue pun harus meng-edit, mendesain, dan membuat tampilan" mading tersebut dari berbagai aplikasi.. contohnya Photoshop, Adobe Photoshop, dan Adobe Photoshop CS 5. #sarua keneh nyak? :p

Cuma salah satu kendala yang gue alamin dalam bikin mading ini, yang pertama itu tentang Konten atau Isi.. Kemudian tampilannya, harus mixing sama isi yang terkait bukan? Jadi kadang" kalo lagi stuck, ya mau gak mau pengerjaannya jadi tertunda dhe.. Dan itu jadi kebiasaan buruk gue dhe -,-"

Lalu selanjutnya ada hubungan dengan pihak rektorat, direktorat, dan teman-temannya.. Disini gue juga masih banyak belajar, bahkan 4 staff ahli Kopma aja gue belum apal namanya serta tempat"nya, apalagi mukanya! #mau jadi apa coba? ckck

Untungnya sih gue juga punya temen yang bisa diajak berbagi suka dan duka.. yaitu teman 1 bidang dalam asistensi Humas ini, sebut saja dia Fakhri Muthahhari #namanya keren ya? :D

Nah kebetulan dari PJS sendiri menempatkan si Fakhri ni dalam hubungan" internal kampus, seperti ke staff ahli, komisariat", dan sebagainya,, Yah walau hati kecil gue berkata "gue juga pengen ikutan maen ke tempat para staff ahliiii..." tapi apa daya dompet tak sampai #lha? hubungannya..?

Walau begitu sebenernya PJS gue atau Penanggung Jawab sementara kami,cukup baik.. Dia lumayan open, dan dia juga menuntut kami supaya punya inisiatif yang baik.. Gue inget pertama kali kenal dia waktu DMK tempo dulu.. Dan gue gak kebayang bahwa kita akan terus bertemu, bekerja sama, sampai hari ini.. atau mungkin sampai nanti kali yee? #ciee

Dan dari semua ini, gue dapet pelajaran berharga.. Bahwa perjuangan itu lebih menyenangkan dibandingkan hasil yang kita dapatkan.. Mungkin kita lelah akan semua yang telah kita kerjakan ini, mungkin kita merasa bahwa semua ini tidak ada manfaatnya, tapi ketahuilah.. Kita hanya merasakan hal ini dalam waktu ini saja.. Ke depannya? Pasti kita sadar bahwa semua akan indah pada waktunya.. Semua ini merupakan bekal untuk kita di kehidupan ini.. Mungkin dari sini gue yang pendiem bisa berubah jadi periang.. Gue yang tadinya jarang ngomong jadi bisa ngomong lebih banyak lagi.. Gue yang dari gak tau apa", jadi tau apa" walau cuma sedikit.. Dan lain sebagainya..

Berhubung sekarang lagi bulan Suci Ramadhan, gue mau minta maaf kepada semua pihak terkait yang membaca blog gue.. Mungkin kalian pernah gue singgung disini, mungkin tanpa sengaja gue pernah jelek"in kalian.. Pokoknya gue minta maaf yang sebesar-besarnya kepada kalian semua.. Semoga Allah mengampuni dosa kita semua yaa.. amiin ya rabbal alamin

Gue sekarang mikir, apa hubungannya postingan gue kali ini dengan judul yang gue buat ya? #Geje-nya kumat :p

Yah, biar geje yang penting kecee yee :D

At last but not least, i wanna say..
"Happy fasting for you all.. Hope this Ramadhan will better than last years.. ;-)"

Happy fasting all :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar