Minggu, 30 Maret 2014

Dari UPI Untuk Indonesia!


Masa muda merupakan masa-masa yang penuh dengan potensi. Semua hal besar seakan-akan dapat kita dapatkan ketika masa muda tersebut. Masa muda merupakan masa-masa pembelajaran. Para pemuda-pemudi belajar, untuk menjadi lebih baik, lebih bermanfaat untuk orang lain, dan berkarya selagi bisa. Masa muda identik dengan mahasiswa.

            Mahasiswa adalah para pemuda-pemudi yang berkesempatan mengecap pendidikan di jenjang yang paling tinggi dari semua orang. Mahasiswa mempelajari banyak hal, di kampus maupun di organisasi. Di kampus, mahasiswa belajar bagaimana mendalami suatu program studi yang telah ia pilih. Dengan pendalaman tersebut, mahasiswa belajar untuk kritis, aktif, dan menguasai suatu bidang tertentu. Lain cerita dengan di organisasi. Mahasiswa mempelajari tentang bagaimana untuk saling bekerjasama, mengkader seseorang, menyelesaikan amanah, bertanggung jawab, jujur, dan sigap terhadap segala kondisi. Jenjang organisasi dimulai dari tahap jurusan hingga ke universitas. Di UPI, jenjang karir organisasi yang tertinggi di tingkat universitas adalah menjadi bagian dari BEM REMA UPI.

            BEM REMA UPI, sebagai organisasi eksekutif tertinggi di Republik Mahasiswa (REMA) UPI, bertanggung jawab menjadi contoh dan teladan bagi organisasi lainnya. BEM, sebagai garda terdepan organisasi intra kampus, wajib membangun citra yang baik terhadap rekanan dan juga relasi lainnya. Dengan posisinya yang sangat strategis, BEM juga berkewajiban untuk mempelopori gagasan-gagasan dan juga kegiatan-kegiatan yang diperlukan bagi masyarakat dan mahasiswa, seirama dengan visi kampus kita yaitu Pelopor dan Unggul. Terlebih lagi dengan prestasi BEM REMA UPI yang gemilang dan pernah menduduki jabatan sebagai koordinator BEM Seluruh Indonesia, hal ini selayaknya menjadikan kita untuk lebih baik lagi dan lebih bersemangat lagi dalam berkarya.

            Apa yang dibutuhkan oleh Indonesia saat ini adalah pemuda-pemudi yang bisa berkarya. Pemuda-pemudi yang bisa menuangkan ide dan gagasannya ke dalam karya nyata. Para generasi muda yang dapat menjadi contoh dan teladan bagi sesamanya maupun bagi masyarakat yang ada di sekelilingnya. Di sinilah peran kita sebagai bagian dari REMA UPI untuk turut andil dan aktif dalam kegiatan. Tidak hanya duduk manis, diam, dan menonton dari kejauhan, tapi inilah saatnya kita untuk mengambil dan meneruskan estafet kepemimpinan tersebut. Dari sinilah semuanya akan dimulai. Dari BEM REMA UPI untuk Indonesia!

(Esai ini (tadinya) sempat diikutsertakan sebagai salah satu syarat pendaftaran calon pengurus BEM REMA UPI 2014, tapi tidak jadi dikumpulkan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar