Minggu, 19 Juli 2015

Apa yang Harus Saya Tulis?

Mungkin teman-teman sudah tidak asing lagi dengan ungkapan, "Tuliskan apa yang kamu pikirkan (proses menulis) dan pikirkan apa yang kamu tuliskan (proses editing)."

Namun terkadang ada beberapa orang yang bingung tentang karya apa yang harus dibuatnya?

"Ide sudah ada, lantas apakah saya harus membuat sebuah cerpen, puisi, novel, ataukah karya lainnya?" Begitulah pertanyaan yang selalu terngiang-ngiang di kepala seorang penulis mula.

Jawabannya hanya satu: Sesuaikanlah dengan hal yang ingin kamu sampaikan.

Masing-masing karya memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Misalkan cerpen, ia memiliki kekuatan pada latar dan pensuasanaan. Semakin detail sebuah cerpen maka semakin baiklah ia karena akan memberikan gambaran yang kuat kepada pembacanya.

Lain halnya dengan puisi, ia tidak banyak berkata tapi bermain lebih ke diksi (pemilihan kata). Semakin kuat diksi yang dipakai, semakin baiklah ia karena menggambarkan kekuatan "karakter" sang penulisnya.

Jadi kembali lagi, apa yang ingin kamu sampaikan sekarang? Sesuaikanlah hal tersebut dengan media yang akan kamu gunakan. Ketika dua hal tersebut sinkron, niscaya kamu akan lebih mudah dalam membuat suatu karya. Trust me, it works! :D

Selamat berkarya semuanyaa.. Semoga tulisan singkat ini bisa menginspirasi dan mengatasi kegundahan dalam hati kalian yaa ;)

@agi_eka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar