Rabu, 15 Juli 2015

Tips Meningkatkan Peluang Keberhasilan Karya dalam Event

[Tips Meningkatkan Peluang Keberhasilan Karya dalam Event]

Banyak penulis kerap kali merasa minder saat hendak mengirimkan karyanya.. Kebanyakan dari kita selalu berpikiran seperti ini:

"Ah, kang.. Ini baru karya pertama saya lho.. Emang penerbit ada yang mau nerima ya?"

"Kang, kyknya karya buatan saya masih jelek deh.. Pasti gak bakalan lolos nih klo diikutsertakan di event."

Guys, percayalah sebenarnya ketika itu pikiran kitalah yang sedang mempermainkan diri kita sendiri. Meskipun kita masih pemula, itu karya pertama kita, dan sebagainya, tetaplah semua itu memiliki peluang menang! Yah meskipun sepahit"nya cuma 0,01% pun.. Peluang tetap peluang bukan? XD

Yang membuat peluang kita benar" 0%, adalah ketika kita tidak mengirimkan karya ke suatu
event/penerbit. Hal inilah yang harus benar" kita cermati.

So, untuk penulis pemula, ada beberapa tips agar naskahmu memiliki peluang lolos yang tinggi dalam suatu event atau penerbit.

#1. Perhatikan Persyaratan.
Untuk event, biasanya selalu ada ketentuan khusus. Misalkan tema, panjang naskah, margin, deadline pengumpulan karya, teknis pengiriman, dsb.

Pun demikian untuk penerbitan, berkas" yang perlu disiapkan, tata cara pemasukan naskah, dan hal penting lainnya. Perhatikanlah dengan baik", ikuti aturan main yang ada, mudah-mudahan proses selanjutnya menjadi lancar ;)

#2. Lihat Ideologi Penerbit.
Biasanya, masing" penerbitan memiliki ciri khas tersendiri, baik indie maupun mayor. Contoh: penerbit Bukune banyak mengambil tema humor dan komedi, penerbit Quanta adalah cabang gramedia yang fokus di buku" islami, kemudian Republika, Bentang Pustaka, Plot Point, semuanya memiliki ciri khasnya tersendiri. Silahkan perhatikan baik" ya, jangan sampai salah memasukkan karyamu! :D

Nah klo untuk penerbit indie, biasanya sih korektornya gak banyak *setau saya. Dan event yg d angkat pun kebanyakan bertemakan cinta, religi, dll. Jadi selama point nomor 1 terpenuhi dan dari tema serta bahasa udh ckup rapih dan memenuhi kriteria, niscaya peluang lolos dan menangmu akan semakin tinggi :)

#3. Minta Pendapat Ahli.
Cara ketiga ini bisa cukup efektif untuk para pemula. Pasalnya, sebelum kita mengirimkan karya sebaiknya mintalah kritik dan saran kepada sahabat kita yang memiliki ilmu lebih di bidang kepenulisan. Koreksi"nya dapat menjadi pembelajaran bagi kita dan karya kita pun dapat semakin ditingkatkan kualitasnya. Alhasil, peluang meraih juara pun akan semakin tinggi seiring dengan usaha kita memperbaiki naskah tsb :)

Well, mungkin itu dulu sedikit sharing pagi ini. Bulan baru harus memiliki semangat baru yaa XD
Mumpung lg masa" libur panjang, mgkn bsa dipake untuk ngebuat program menulis juga seperti SMS (Sehari Menulis Sehalaman), ‪#‎OneDayOnePage‬, ‪#‎OneDayOnePost‬, ‪#‎OneDayOnePoem‬, dst.

Mudah"an waktu kita jg bisa lebih produktif yaa dan bulan ini qta bisa menelurkan minimal satu karya ;)

Have a nice day semuanya~
@agi_eka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar