Rabu, 25 Maret 2015

Tentang Penulis: Biografi M. Ginanjar Eka Arli

Meskipun rasa kantuk melanda, berbagai perasaan berkecamuk di dada, tapi demi kalian para (pembaca setia blog gue) dan juga demi azzam dalam diri ini, maka gue coba sisihkan beberapa waktu gue untuk meng-update blog ini. Semangat! :D

Hehe.. Sebelum dimulai, gue mau menyapa dulu pembaca setia blog gue.. Kumaha damang sadaya? :)

Alhamdulillah pada malam hari ini, gue mau melanjutkan postingan gue kemarin yakni tentang biografi. Kebetulan karena di Al-Qolam (salah satu UKM di UPI yang bergerak di bidang kepenulisan islami) gue mendapatkan tugas untuk membuat biografi, nah kali ini gue mau sedikit sharing tentang karya gue tersebut :)

Mungkin ini bukan biografi terbaik yang pernah kalian baca. Gue juga belum tahu nih apakah sudah baik ataukah belum biografi yang gue buat. Tapi mudah-mudahan nanti kita bisa diskusi ya apabila ada kata-kata yang kurang tepat, kalimat yang belum jelas, dan lain sebagainya. Tapi pada dasarnya, yang gue ceritakan dalam biografi ini adalah sekilas tentang hidup gue, tentu ada biodata diri dan sebagainya, sedikit tentang keluarga gue, riwayat pendidikan, hingga sekilas tentang kisah hidup dan prestasi gue selama berada di UPI.

Biodata ini secara umum gue rancang seperti biodata yang terletak di akhir buku pada umumnya. Nah, daripada penasaran, mending kalian langsung baca aja deh yaa.. :D

Tanpa ba-bi-bu lagi, mangga ditampi karyanya.. Selamat menikmati~ ;)

=========================================================================

Tentang Penulis

Penulis bernama lengkap Mochammad Ginanjar Eka Arli. Pemuda yang biasa disapa Agi ini lahir di Cianjur, 8 Februari 1993. Ia merupakan anak pertama dari tiga bersaudara. Ayahnya, Mochammad Arief Perdana Putra, merupakan seorang wiraswasta. Sementara Ibunya, Nurlia, saat ini beraktifitas sebagai Ibu rumah tangga biasa. Adiknya yang pertama, Mochammad Zaky Dwi Arli, saat ini sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti Ujian Nasional tingkat SMA. Adapun adiknya yang kedua, Farah Tarisya Tri Arli, telah berpulang ke rahmatullah semenjak lima tahun yang lalu karena terkena penyakit DBD.

    Selama delapan belas tahun, pemuda yang senang mendengarkan musik ini telah menempuh pendidikan di kota tapis berseri. Setamat dari SD Al-Kautsar Bandar Lampung, SMP Negeri 4 Bandar Lampung, dan SMA Negeri 9 Bandar Lampung, laki-laki yang gemar berhitung ini akhirnya memutuskan untuk melanjutkan studinya di tingkat yang lebih tinggi. Pilihannya jatuh ke sebuah kampus negeri di kota kembang, pencetak para pendidik berkualitas dan merupakan Institut Keguruan Ilmu Pendidikan (IKIP) yang pertama kali berdiri di Indonesia. Kampus tersebut kini kita kenal dengan sebutan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

    Memasuki bangku perkuliahan, ia memiliki tiga buah cita-cita yakni sukses akademik, sukses berwirausaha, dan sukses berorganisasi. Cita-cita yang pertama diraihnya dengan menjalin hubungan yang erat dengan teman-teman sejurusannya. Meski berasal dari luar pulau, namun pria yang menempuh study di Departemen Pendidikan Matematika ini membuktikan bahwa dirinya mampu bersaing dengan teman-teman sejawatnya. Hal ini terbukti melalui prestasi akademiknya yang tetap terjaga dengan IPK > 3,00.

    Selain itu untuk membantu meringankan beban orang tuanya, mahasiswa perantau ini akhirnya memutuskan untuk belajar berwirausaha. Adapun langkah-langkah yang ia jalani yakni berkumpul dengan teman-teman sedaerahnya untuk membuat usaha bersama dan juga bergabung dengan salah satu organisasi kemahasiswaan (ormawa) yang bergerak di bidang kewirausahaan yakni Koperasi Mahasiswa Bumi Siliwangi UPI (Kopma BS UPI). Dari organisasi tersebut ia mendapatkan banyak sekali ilmu, mulai dari softskill, jaringan (link) lintas jurusan, fakultas, bahkan kampus, dan juga pengalaman yang tidak tergantikan. Hal ini kemudian berimbas pada cita-citanya yang ketiga yakni untuk menggapai sukses organisasi.

    Ketika SMA dulu, Agi merupakan aktivis ekstrakurikuler Rohani Islam (Rohis) dan Karya Ilmiah Remaja (KIR). Kecintaanya terhadap dunia keislaman dan kepenulisan berawal dari dua organisasi ini yang kemudian dikuatkan dengan dorongan dari guru bahasa Indonesianya, Bu Vega. Ketika memasuki perkuliahan, semesta akhirnya menakdirkan ia bertemu dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang mewadahi minat dan bakatnya di kedua bidang tersebut, yaitu UKM Kepenulisan Islami Al-Qolam UPI. Atas izin Allah Swt., karirnya di Al-Qolam berkembang dengan pesat, dimulai dari Ketua Divisi Hubungan Masyarakat (Humas) tahun 2013, kemudian diamanahi sebagai Ketua Umum tahun 2014, hingga kini dipercaya menjadi Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) tahun 2015.

    Meskipun tergolong UKM yang masih belia, namun Al-Qolam cukup berpengaruh pada prestasi Agi dalam bidang kepenulisan. Setelah di SMA pernah mendapat juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Tingkat SMA Se-Provinsi Lampung, di tahun 2014 Agi mulai mengukir kembali prestasinya dalam menulis, baik sebagai peserta maupun sebagai juri lomba kepenulisan. Beberapa penghargaan yang pernah ia raih diantaranya: Juara 1 Lomba Kata Mutiara Sahabat IMTEK Islamic Championship 2014, Juara 1 Lomba Menulis Artikel oleh FKM SPs UPI 2014, Juara 2 Lomba Menulis Cerpen dan Puisi oleh Tutorial PAI-SPAI MKDU UPI 2014, Juara 2 Lomba Menulis Puisi oleh Penerbit Bintang Pelangi 2015, Juara 2 Lomba Menulis Esai oleh Aria Mandiri Publisher 2015, juri lomba cerpen islami Gema Ramadhan Fisika (GRAFIKA) 1434H tingkat nasional oleh Himpunan Mahasiswa Fisika (HMF) FPMIPA UPI 2014, dan juri lomba cerpen islami Bakti Formica untuk Bangsa (BFUB) XVII tingkat nasional oleh Himpunan Mahasiswa Biologi Formica (HMBF) FPMIPA UPI 2015.

    Beberapa karyanya sudah diterbitkan dalam beberapa antologi bersama, diantaranya: Antologi Kumpulan Makna “MAMA” (Raditeens Publisher, 2014), Antologi Cerpen “Warna Hujan di Hariku” (AE Publishing, 2015), Antologi Puisi “Hujan” (Aria Mandiri Publisher, 2015), Antologi Puisi “Kisah dalam Tasbih” (Aria Mandiri Publisher, 2015), Antologi Esai “Sukses Terbesar dalam Hidup” (Aria Mandiri Publisher, 2015), Antologi Puisi “Love and Tears” (Penerbit Bintang Pelangi, 2015), Antologi Puisi “Third” (Ellunar Publisher, 2015),  dan Antologi Puisi “Menata Puzzle Asa” (Penerbit Asrifa, 2015).

    Penulis yang bercita-cita menjadi pendidik ini sangat senang untuk berbagi. Bagi yang ingin berkenalan lebih lanjut, penulis dapat dihubungi melalui kontak/WA: 087822143575, facebook: www.facebook.com/mginanjar.ekaarli, twitter/line: @agi_eka, BBM: 7E956064, pos-el: m.ginanjarekaarli@gmail.com, atau dapat juga mengunjungi blog pribadinya di: www.the-sealovers.blogspot.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar