Minggu, 28 Juni 2015

Gen-I (Generasi Iqra!)

Berawal dari sedikit diskusi ringan bersama seorang sahabat, gue terinspirasi untuk membuat tulisan ini. Pada dasarnya hal ini bermula juga dari sebutan kader-kader salah satu UKM di UPI, sebut saja BAQI. UKM ini bertujuan untuk memberantas buta huruf al-quran di bumi siliwangi. Selaras dengan hal tersebut, akhirnya mereka membuat pasukan, prajurit, ataupun punggawa, yang disebut dengan Gen-Q (Generasi Qur'ani).

Gue membayangkan, kalo misalkan BAQI punya Gen-Q, kenapa Al-Qolam, UKM tempat gue berada, gak membuat Gen-I (Generasi Iqra!). Karena BAQI berbasis "Belajar Al-Qur'an Intensif", tentu fokus utamanya ke Qur'an. Maka Al-Qolam yang berbasis "Kepenulisan" hendaknya bisa membuat kader-kader yang giat membaca maupun menulis.

Sesuai ayat pertama dari Al-Quran yakni: "Iqra!" (Bacalah). Kita sebagai manusia diperintahkan Allah untuk membaca, tidak dikhususkan pada sesuatu, tapi bacalah semua yang ada di dunia ini. Bacalah buku, bacalah sikap orang, bacalah keadaan, bacalah situasi dan kondisi, dan bacalah juga hikmah yang ditujukan Allah kepada kita. Iqra! Bacalah!

Pasangan membaca tentulah menulis. Semakin banyak kita membaca, semakin banyak pula ilmu yang kita peroleh, dan semakin "gatal"-lah kita untuk menyebarkannya. Maka dengan banyak membaca, cepat atau lambat kita akan segera menulis. Trust me, it works!

Itulah generasi harapan yang pengen gue bentuk. Generasi yang berbasis dengan membaca dan menulis. Generasi yang besar dengan buku. Generasi yang akrab dengan pena. Dan generasi yang dapat melaksanakan "Dakwah bil Qolam." Mudah-mudahan Allah meridhai dan memudahkan jalan tersebut.. Aamiin.

Tertarik untuk menjadi bagian dari Gen-I? Yuuk daftarkan dirimu dengan menghubungi gue secara personal! (Cek di kolom biodata: My Personal Identitiy). Okeh? Atau kalau ada pertanyaan boleh disematkan di kolom komentar juga. Terima kasih banyak sebelumnya. Semoga bermanfaat~ ;)

@agi_eka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar