Minggu, 28 Juni 2015

Tips Mencari Nama Karakter

Seringkali kita dibuat iri oleh para penulis lain. Kok bisa ya mereka mendapatkan nama" yang pas gitu untuk cerita" yang mereka buat?

Misalnya: Delisanya Tere Liye. Siapa yang tidak tahu anak cantik nan imut yang berusaha menghapal bacaan shalat tersebut? Lalu pasangan Fakhri dan Aisyah dari Kang Abik. Pasti semua sudah mengenal cerita fenomenal dari negeri mesir tersebut.

Lantas bagaimanakah rahasia membuat nama karakter yang pas untuk cerita kita? Berikut ada 2 tips untuk kalian yang kebingungan mencari nama karakter tersebut :)

#1. Buatlah nama karakter sesuai penokohan yang kalian inginkan.
Contoh fakhri dan aisyah. Karena Ayat-Ayat Cinta berkisah tentang romantisme islami dengan latar Mesir, maka nama" tersebut memang cocok untuk ceritanya. Tentu, kang Abik pun sudah mempertimbangkan hal itu juga. Coba bayangkan seandainya nama Fakhri diganti dengan Bambang dan Aisyah ditukar dengan Ita. Kayaknya settingnya pun bakal ganti dengan tanah jawa dan judul bukunya menjadi "Ayat Amat Cinta" 😅

Nama karakter bisa dilihat dari latar tempat, misalkan di jepang maka buatlah nama seperti Shinichi, Ayumi, Takashi, dsb. Ketika pindah ke Korea, bisa jadi Kim Joon Un, Lee Min Hee, dst. Silahkan disesuaikan saja dgn kebutuhan :)

Selain itu, kita juga bisa dengan melihat tipikal tokohnya. Misalkan kita mau memunculkan preman atau tokoh action, pilihlah nama" yang agak sangar dan berkarakter seperti John, Max, dll. Silahkan dicoba :)

#2. Pilihlah nama dengan Acak sesuai keinginan.
Sebenarnya dunia ini adalah wahana yg penuh dengan ide. Dimanapun kita berada, disana ide selalu berseliweran untuk kita ambil :)

Bang Tere pernah bercerita bahwa ia tidak pernah pusing hanya untuk mencari sebuah nama karakternya. Beliau tinggal buka situs jejaring sosial seperti facebook, pilih menu beranda, dan tinggal searching nama yang kira" cocok utk karakter yang mau kita buat.

Psst, dalam salah satu novel bang Tere ada karakter yang bernama Bambang lho. Katanya sih, karakter itu terinspirasi dari bapak presiden kita yang lalu. Mungkin klo sekarang bang Tere mau buat cerita lagi, nama tokoh utamanya bisa jadi Joko atau Yusuf. Hihi ;)

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat~ :)

@agi_eka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar