Senin, 15 Juni 2015

Hunting for A Book

Semua orang pasti suka jalan". Iya kand? Termasuk gue. Gue juga orangnya seneng banget jalan". Baik ke luar kota maupun dalam kota. Apalagi kalo udah ketemu brosur "Bazar Buku Murah. Up To 90%!" Waah udah deh langsung diembat itu. Cap cip cus tanpa ba bi bu lagi XD

Salah satu dari yang gue suka di Bandung adalah visi walikotanya yang didukung dengan pemprov Jawa Barat untuk menjadikan Bandung sebagai Kota Buku Sejagad. Ya, Bandung ingin dipromosikan sebagai ibu kota "Buku" dari seluruh dunia. Untuk mencapai hal tersebut memang tidaklah mudah. Maka Bandung mulai mencanangkan berbagai kegiatan yang menunjang program tersebut hingga tahun 2017 nanti.

Yang menarik adalah dengan adanya program tersebut, tidak hanya dari IKAPI (Ikatan Penerbit Indonesia) wilayah Jawa Barat saja yang mengadakan kegiatan" seperti hibah buku, obral buku, bazaar, dan sebagainya. Akan tetapi, berbagai toko buku juga mengadakan hal yang serupa. Kalau kalian pernah melihat ada Indomaret dan Alfamart, dua buah toko yang berseberangan dan menjual barang yang hampir sama, maka di Bandung salah satunya ada toko buku Togamas dan Rumah Buku.

Toko Buku Togamas Bandung.

Gue juga sebenernya gak ngerti, konsep apa yang dipergunakan dalam bisnis ini. Gue seringkali mendengar bahwa dalam membuat bisnis, kita butuh saingan. Seperti di Jepang, gue pernah ngedenger kalo ada dua stasiun tv yang besar, namanya TV Tokyo dan apaa gitu.. Sementara faktanya, dua buah stasiun tv tersebut ternyata letaknya di bawah satu manajemen! ~,~

Kembali ke topik, jadi Togamas dan Rumah Buku ini adalah dua buah toko buku yang terletak di Jl. WR. Supratman, Bandung. Nah, yang gue tau berdasarkan pengalaman disana, bahwa pada dasarnya buku2 yang dijual di Togamas dan Rumah Buku ada beberapa yang berbeda. Kemudian dari segi pelayanan, diskon, dan lainnya juga ada beberapa yang berbeda. Sistem member pun berlaku disini, pun yang membuat gue betah adalah membeli di dua toko buku ini bisa mendapatkan bonus sampul plastik gratis. Beda jauh kalo kita beli buku di gramedia. Udah mah gak diskon, gak dapet sampul plastik lagi! :P

Toko Buku Rumah Buku Bandung.

Btw, yang mau gue sampein juga bahwa di dua toko buku ini biasanya selalu ada garage sell. Jadi itu semacam konsep "Cuci Gudang" dengan memberikan diskon2 kepada pembelinya sampai dengan 99% (sepertinya sih). Pasalnya, kemarin gue beli buku di Rumah Buku pada bagian garage sell na, masa iya cuma kena biaya Rp. 1.000,- !! Masya Allah, bro. Untung besar tuh kalo mau ngeborong!! XD

Pun kemarin di Rumah Buku, ada program yang namanya Midnight Sell. Jadi, Rumah Buku membuka penjualan di depan tokonya, membuat beberapa acara yang memeriahkan tempatnya, dan juga memberikan diskon baik untuk buku lama maupun buku baru. Apalagi untuk membernya, katanya sih dapet diskon2 tambahan gitu. Kurang apa coba? XD

Suasana Midnight Sell @Rumah Buku Bandung 2015

Kebetulan, walaupun midnight sell-nya udah gak ada lagi tapi garage sell-nya masih tetep ada lho guys! So, bagi yang mau ikutan, rencananya gue mau berangkat sekitar jam 10 sih kesana, janjian sama anak Al-Qolam buat hunting" buku. Lumayan lha buat nambah" koleksi di kosan.. Hehe XD

Ada yang mau ikut? Bareng yuuk kesananya ;)

@agi_eka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar