Minggu, 09 November 2014

Resensi Buku "101 Dosa Penulis Pemula"

Resensi Buku "101 Dosa Penulis Pemula"

Judul Buku      : 101 Dosa Penulis Pemula

Pengarang       : Isa Alamsyah
 
Tebal Buku      : xiv + 350 halaman

Harga Buku     : Rp. 50.000,-

Penerbit           : Asma Nadia Publishing House

Tahun Terbit    : Juni 2014

Setiap orang dapat menjadi penulis. Ilmu kepenulisan pun dapat kita dapatkan dimana-mana, baik di workshop, pelatihan, buku-buku, mentor, dan lain sebagainya. Hanya saja, sedikit sekali penulis yang dapat membagikan ilmunya dan mau mengabadikannya dalam bentuk tulisan. Isa Alamsyah, adalah salah satu dari sedikit orang tersebut. Berdasarkan keresahan dari banyaknya penulis pemula yang kebingungan tentang cara-cara menulis, maka Isa menyusun sebuah buku panduan menulis untuk pemula dengan judul "101 Dosa Penulis Pemula."

Apabila kita perhatikan, maka setiap penulis pemula rata-rata memiliki kesalahan yang sama. Baik di cara penulisan, pemilihan kata-kata, kebingungan untuk memulai, dan lain sebagainya. Isa membagi kesalahan-kesalahan tersebut menjadi beberapa bagian, yaitu :
- Lima Dosa Utama: Pengulangan Kata atau Gaya yang Sama;
- Lima Dosa Akibat Kalimat Tidak Efektif atau Tidak Selektif;
- Empat Dosa dalam Ide;
- Delapan Dosa dalam Judul;
- Delapan Dosa dalam Opening;
- Sembilan Dosa dalam Konflik
- Sembilan Dosa dalam Ending;
- Tiga Dosa dalam Detail;
- Lima Dosa dalam Narasi atau Deskripsi;
- Sebelas Dosa dalam Karakter;
- Lima Dosa dalam Diksi dan Kosa Kata;
- Tiga Dosa dalam Setting;
- Sembilan Dosa dalam Dialog;
- Empat Dosa dalam POV (Point of View);
- Empat Dosa dalam Alur dan Plot;
- Empat Dosa dalam Pesan; dan
- Lima Dosa Terkit Mental dan Sikap Penulis;

Sebanyak 101 dosa yang disusun Isa bukan atas argumen semata. Akan tetapi, Isa mengamatinya berdasarkan tulisan-tulisan nyata dari penulis pemula yang di posting dalam grup binaannya, yaitu Komunitas Bisa Menulis. Komunitas ini didirikan pada pertengahan Februari 2013 oleh Isa Alamsyah dan Asma Nadia. Dari berbagai tulisan dalam grup tersebut, beberapa diambil sebagai contoh dalam buku ini sebagai dosa-dosa yang sering dilakukan penulis pemula.

Bukan sekedar argumen tanpa solusi, tapi Isa juga menyertakan berbagai alternatif penyelesaian untuk mengatasi dosa-dosa tersebut dengan mengambil inti sari Workshop Menulis Asma Nadia. Dilengkapi dengan kesimpulan-kesimpulan yang sarat makna dan hikmah, buku ini menjadi panduan yang cocok bagi penulis pemula untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang umumnya terjadi ketika kita baru belajar menulis. 

Selain itu, buku yang diselesaikan hanya dalam waktu tujuh hari ini, dilengkapi juga dengan tips dan trik singkat dalam menulis. Dengan harga yang relatif murah, buku ini tentu dapat dimiliki oleh siapa saja, apalagi untuk orang yang bersemangat untuk belajar menulis. Segeralah miliki buku ini di rumah dan bersama-sama kita belajar untuk menulis. Karena, menulis itu memanjangkan umur. Menulis itu adalah ibadah. Menulis? Pasti Bisa!

"Sebab, Menulis itu Berjuang."
- Asma Nadia -

2 komentar: