Minggu, 02 November 2014

Tugas Multi Media (Editing Photoshop)

Bismillah..
Tak terasa sudah setengah semester berjalan ya, guys.. :)

Seperti yang kalian tahu, saat ini gue sedang menjalani kuliah semester 7 di Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Indonesia :)

Nah, yang pengen gue bagi disini adalah, saat ini gue sedang mengontrak salah satu mata kuliah yang bernama "Multi Media Pendidikan Matematika". Pada mata kuliah ini, kita diajarkan untuk 'melek' teknologi. Sebagai calon guru matematika di SMP maupun SMA, tentu kita tidak boleh gaptek dong.. Maka dari itu, tujuan dari mata kuliah ini adalah mempelajari teknologi-teknologi yang akan kita pakai dalam mengajar nanti.

Teknologi tersebut meliputi: Power Point, Software Editing, dan Movie Maker. Mengenai Power Point, gue yakin kalian semua udah tau apa itu. Intinya kita sebagai mahasiswa diminta membuat power point yang menjelaskan suatu topik tertentu untuk mempermudah proses pembelajaran di kelas. Waktu itu, topik yang gue ambil adalah tentang Fungsi. Bagi yang ingin melihat pptnya, silahkan PM aja yaa :D

Yang kedua, yaitu tentang Software Editing. Matematika sebagai sumber ilmu identik dengan gambar dan bangun ruang. Tentu untuk memanipulasi gambar itu kita tidak hanya mengandalkan satu program saja seperti paint, akan tetapi kita juga memerlukan software lain yang salah satu diantaranya adalah : Adobe Photoshop.

Untuk mempelajari software ini, mahasiswa diminta mencari dua buah objek, yaitu orang dan bangunan. Kemudian, kedua objek ini silahkan dimanipulasi seindah dan seunik mungkin dengan menggunakan Adobe Photoshop. Kali ini, gue mau memperlihatkan hasil dari editing gue :)

Yaah, karena gue juga masih belajar jadi maklumi aja yaa kalo banyak kekurangan~ ;)

Pertama-tama, gue mau kasih liat foto orangnya dulu. Disini gue ambil objek salah satu temen gue yang sedang membaca Al-Qur'an, kemudian gue bubuhkan kata-kata sehingga menarik dan menginspirasi :)

Foto Orang Sebelum di Edit (02/11)
Foto Orang Setelah di Edit (02/11)
Tema yang gue ambil adalah : "Keutamaan Membaca Al-Qur'an" :)

Disini gue mengutip salah satu hadits riwayat Muslim, yaitu: "Bacalah oleh kalian Al-Qur'an. Karena ia (Al-Qur'an) akan datang pada Hari Kiamat kelak sebagai pemberi syafa'at bagi orang-orang yang rajin membacanya." (HR.Muslim)

Mudah-mudahan hadits ini bisa sama-sama mengingatkan kita ya untuk senantiasa konsisten membaca Al-Qur'an dengan segala keutamaannya. Terima kasih untuk bang Rifki Indra Kusuma yang sudah bersedia dijadikan objek utama dalam foto ini ;)

Okeh, kita lanjutkan yaa :)

Tugas yang kedua yaitu tentang foto bangunan. Kali ini objek yang gue ambil adalah icon utama dari UPI yaitu gedung Isola. Dengan mengambil sudut pandang yang cukup menarik, gue coba menghilangkan beberapa bagian yang mengganggu seperti mahasiswa yang sedang nongkrong dan juga wisatawan yang sedang berfoto-foto. Selanjutnya gue coba bubuhkan langit berbintang sebagai penghias dari pemandangan gedung Isola yang megah ini. Berikut adalah penampakan dari gedung tersebut :)

Foto Gedung Isola sebelum di Edit (02/11)
Foto Gedung Isola setelah di Edit (02/11)
Bagus kand? :)

Memang kekurangannya di resolusi karena gue gak bisa nemuin foto langit berbintang yang high resolution. Selain itu, pemotongan pohon yang ada di samping juga sebenarnya rada "Maksa", tapi yaa nggak apa-apa lha ya.. Namanya juga masih belajar :D

Oke dhe, mungkin cukup sekian sharing tugas gue malem ini. Buat yang mau belajar, yuuk sama-sama ngedesain kembali. Karena sebenarnya ngedesain itu asik dan seruu lhoo :D

Have a Nice Rest Guys~

@agi_eka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar