Sabtu, 01 November 2014

Dispen Oktober : “Bedah Karya PKM GT”

Suasana diskusi kepenulisan, Selasa (28/10)

Bandung, UPI.
         Dalam setiap karya tentulah memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Orang bijak mengatakan, “Ambillah hikmah dari setiap kejadian.” Karena itu, kita belajar dari sebuah kesalahan agar tidak terulang kembali di kemudian hari. Hal inilah yang dilakukan UKM KI Al-Qolam UPI, dalam Diskusi Kepenulisan (Dispen) minggu ke empat bulan Oktober, tepatnya pada tanggal 28 Oktober 2014 bertempat di Selasar Ikhwan Masjid Al-Furqon UPI.

         Kali ini diskusi kepenulisan dipandu oleh Rahma Nur Amalia, staf divisi Pelatihan dan Bimbingan Al-Qolam sekaligus pemenang PKM-Kewirausahaan 2013. Sebelum diskusi, Rahma terlebih dahulu membagi peserta menjadi empat kelompok dengan masing-masing beranggotakan 3-4 orang. Selanjutnya tiap kelompok dibagikan satu contoh proposal PKM-GT untuk dianalisis kelebihan dan kekurangannya. Peserta diberi waktu sekitar 30 menit untuk berdiskusi dalam kelompoknya. Metode ini menarik dan membuat peserta dispen antusias selama acaranya.

         Setelah 30 menit berlalu, diskusi dilanjutkan dengan pemaparan dari masing-masing kelompok terhadap PKM yang mereka bedah. Antara satu PKM dengan PKM yang lain memang memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Dari sanalah, anggota Al-Qolam belajar untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang umum terjadi serta mengambil ide-ide kreatif yang dimiliki dari tiap PKM. “Dari dispen bulan ini diharapkan teman-teman dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi PKM-Karya Tulis di bulan Februari nanti. Bagi yang berminat akan dibentuk kelompok khusus untuk dibimbing oleh senior di Al-Qolam.” tutup Rahma di penghujung acara. (M. Ginanjar Eka Arli)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar